PENGUATAN PENGEMBANGAN DESA WISATAPINGEKECAMATAN MARGA KABUPATEN TABANAN PROVINSI BALI
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Desa Wisata Pinge, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan ini memiliki potensi daya tarikwisata yang sangat potensial. Namun menghadapi masalah dalam penguatan pengembanganDesa Wisata yang telah terbentuk. Salah satu kendala yang dihadapi adalahketidakmampuan pengelola desa wisata memenuhi permintaan wisatawan asing terkait
menu breakfast internasional. Berdasarkan informasi tersebut, maka kami timpengabdi
mengusulkan sosialisasi penguatan Desa Wisata Pinge dan pelatihan pembuatan AmericanBreakfast dan Fresh Juice dengan menggunakan sumber daya alam lokal. Tujuan dari
kegiatan pendampingan, yaitu: 1).Untuk memberikan wawasan dan sosialisasi mengenai
penguatan Desa Wisata Pinge, menganalisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Tantanganyang dihadapi. 2). Untuk memberikan wawasan guna meningkatkan kualitas layanan kepadawisatawan dalam bentuk pelatihan pembuatan American Breakfast dan Fresh Juice denganmenggunakan sumber daya alam lokal. 3). Memberikan wawasan Prinsip-prinsip dasar
manajemen pemasaran mengenai bagaimana menciptakan kepuasan konsumen. Adapunmanfaat dari kegiatan ini, yaitu: 1). Kemampuan mengenai penguatan Desa Wisata Pinge, dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dihadapi. 2). Kemampuan meningkatkan kualitas layanan kepada wisatawan dalam bentuk pelatihanpembuatan American Breakfast dan Fresh Juice dengan menggunakan sumber daya alamlokal. 3). Kemampuan prinsip dasar pemasaran dalam menciptakan kepuasan konsumen. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilaksanakan di Desa Pinge, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan Bali berupa ceramah dan diskusi serta pelatihansesuai yang dibutuhkan. Masyarakat diberikan kesempatan bertanya untuk memperjelaspemahaman tentang penguatan Desa Wisata Pinge. Kegiatan ini diakhiri dengan evaluasi
dengan mempraktekkan hasil pelatihan pembuatan American Breakfast dan Fresh Juicedengan menggunakan sumber daya alam lokal. Kegiatan ini dilakukan oleh dosen ProgramMagister Manajemen dan melibatkan mahasiswa. Kegiatan diawali dengan Pretest, sosialisasi, ceramah dan diskusi mengenai Penguatan Pengembangan Desa Wisata Pinge, KecamatanMarga, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Dilanjutkan dengan pelatihan pembuatanAmerican Breakfast dan Fresh Juice dengan menggunakan sumber daya alamlokal. Diakhiri
dengan Postest, monitoring dan evaluasi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Puspitarini, Dinda Sekar; Nuraeni, Reni. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai MediaPromosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal CommonVol
Nomor 1 Juni 2019. Ruspendi, Junaedi I Wayan., Utama, I.G.B.R., 2017.Motivasi WisatawanMengunjungi Desa
Susanto, Putu Chris; Et Al. Pendampingan Kelompok Sadar Wisata Desa Catur
Kintamani Menuju Desa Wisata Yang Kekinian. Prosiding SINAPTEK2November 2018. Bali: UDHIRA Bali. Utama, I.G.B.R., Ruspendi, Junaedi I Wayan., 2020. Membangun Pariwisatadari
Desa: Desa Wisata Warisan Budaya
Utama, I.G.B.R., 2015. Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta: Deepublish. Utama, I.G.B.R. 2014, October. Agrotourism as an Alternative Formof TourisminBali Indonesia. In The International Conference on Sustainable Development
March (Vol. 6, p. 2012). Utama, I.G.B.R. 2015. Leisure and Tourism on Quality of Life. Available at SSRN2629774. Utama, I.G.B.R., 2017. Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Andi
Widiyanto, D., Purwo Handoyo, J. and Fajarwati, A., 2008. PengembanganPariwisata Perdesaan (Suatu Usulan Strategi bagi Desa Wisata Ketingan). Bumi Lestari, 8(2). Waruwu, Dermawan Et Al. Pengembangan Tanaman Herbal Sebagai Destinasi
Wisata Di Desa Catur, Kintamani, Bali. Makassar: Universitas Hasanudin. Jurnal PKM Vol 4 No 1 2020.