PENINGKATAN KREATIVITAS REMAJA BANJAR KEKERAN DENGAN METODE LEARNING BY DOING

Main Article Content

Putu Wahyu Adi Purwita
Ni Made Aprillia Pradhnya Sari
Wiriana
I Gde Dhika Widarnandana

Abstract

Usia remaja adalah usia pertumbuhan untuk fisiknya,cara bersosial, daya pikir
untuk tingkat pengetahuan dan lain-lain. Remaja juga sedang mengalami
perkembangan pesat dalam aspek intelektual. Kegiatan ini diawali dengan pengisiansurvey dan Pre-Test untuk mengetahui minat remaja banjar kekeran, kegiatanini
dilaksanakan 2 kali pertemuan dengan durasi 480 menit. Metode yang digunakanadalah Learning By Doing / praktek yang menekankan pada keaktifan remaja agar
dapat mengalami sendiri informasi tentang materi pelajaran yang disampaikan sehinggaremaja bisa melihat dan praktik secara langsung. Kegiatan diakhiri dengan pengisianPost-test, terdapat 23 pengamatan untuk setiap variabel, dengan rata-rata hasil dari
(76.09) lebih tinggi dari pada rata-rata pre-test (60.87), hal ini menunjukan bahwaadanya peningkatan dari sebelum pemberian materi dengan setelah diberikannyamateri. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan data ini memberi indikasi bahwaadapeningkatan kinerja atau peningkatan setelah terlaksananya kegiatan programkerjaMeningkatkan Kreativitas. Melalui metode Learning By Doing / praktek ini terdapat
peningkatan dalam proses, individu dan lingkungan yang dilakukan para RemajaKekeran. Terdapat peningkatan yang signifikan dari hasil pre-test ke post-test, yangdapat diindikasikan oleh rata - rata yang lebih tinggi pada post-test. Sehinggadiharapkan, dengan berhasilnya metode Learning By Doing / praktek ini dapat
membantu para remaja kekeran meningkatkan kreativitas individunya.

Article Details

How to Cite
Putu Wahyu Adi Purwita, Ni Made Aprillia Pradhnya Sari, Wiriana, & I Gde Dhika Widarnandana. (2024). PENINGKATAN KREATIVITAS REMAJA BANJAR KEKERAN DENGAN METODE LEARNING BY DOING. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/2756
Section
Articles

References

Yunianta, T. N. H. (2014). Hambatan Seseorang Mengembangkan KemampuanBerpikir Kreatif Matematis. Al-Munawar, H. A. H. A., & Rupaida, R. (2020, November). Upaya mengembangkankreativitas remaja. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 422-429). Pratama, D. (2021). Karakteristik Perkembangan Remaja. Jurnal Edukasimu, 1(3).Wahyuni, N. S. (2016). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengankemampuan bersosialisasi pada siswa smk negeri 3 medan. Jurnal Diversita, 2(2). Latifah, L., Zwagery, R. V., Safithry, E. A., & Ngalimun, N. (2023). Konsep Dasar

Pengembangan Kreativitas Anak Dan Remaja Serta Pengukurannya DalamPsikologi Perkembangan. EduCurio: Education Curiosity, 1(2), 426-439. Sary, Y. N. E. (2017). Perkembangan kognitif dan emosi psikologi masa remajaawal. J-PENGMAS (jurnal pengabdian kepada masyarakat), 1(1). Marwoko, G. (2019). Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Tasyri: Jurnal

Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 60-75. Gowa, Y. (2023). Tinjauan hukum Islam terhadap Learning By Doing penjualanBAZAR (studi mahasiswa HMJ sejajaran Fak. Syariah) (Doctoral dissertation, IAIN AMBON).