PKM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI DAN NUMERASI DI TK KUMARA DHARMA KERTI II, ABIANSEMAL

Main Article Content

Ni Komang Theda Febrina Subagia
Christiani Endah Poerwati
I Made Elia Cahaya
Putu Indah Lestari
Ni Made Ayu Suryaningsih
Elizabeth Prima

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar merupakan sistem rencana pembelajaran yang memberikankebebasan kepada setiap guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengantetap memperhatikan kebutuhan dan karakteristik anak sebagai pesera didik. Literasi dannumerasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang penting untuk dikuasai anak agar
anak lebih siap dalam mengikuti proses pembelajaran ke jenjang lebih tinggi. Literasi adalah kemampuan berpikir kritis, berbahasa lisan, hingga pada kemampuanmembaca dan menulis yang berkaitan dengan keaksaraan awal. Sedangkan numerasi
merupakan terkait dengan kemampuan pemecahan masalah dasar dan penerapanmatematika dalam kehidupan sehari-hari. Media pembelajaran menjadi suatu hal yang penting untuk mewujudkan pembelajaranyang menyenangkan dan bermakna. Bagi guru media pembelajaran merupakan sarana yangmembantu dalam penyampaian pembelajaran. Pengadaan dan penggunaan mediapembelajaran terkendala pada keterbatasan guru dalam memanfaatkan media yang ada, kreativitas dalam menggunakannya, keterbatasan fungsional dari media tersebut. Menjawabpermasalahan ini Program Studi PG-PAUD, melalui program Pengabdian kepada Masyarakat
memberi pelatihan pengetahuan dan keterampilan membuat media pembelajaran dalammengembangkan Literasi dan Numerasi anak usia dini. Hasil dari pelaksanaan ProgramPKMini dinyatakan bahwa terdapat peningkatan pemahaman dan keterampilan para guru di TKDharma Kumara Kerti II. Sebelum pelaksanaan PKM pemahaman dan keterampilan gurudalam pembuatan media pembelajaran literasi dan numerasi sebesar 44,00 dan setalahpelaksanaan program meningkat menjadi 82,00. Sehingga dinyatakan pelaksanaan programPKM Prodi PG-PAUD Undhira dalam pembuatan media pembelajaran literasi dan numerasi di
TK Dharma Kumara Kerti II, Abiansemal dinyatakan berhasil.

Article Details

How to Cite
Ni Komang Theda Febrina Subagia, Christiani Endah Poerwati, I Made Elia Cahaya, Putu Indah Lestari, Ni Made Ayu Suryaningsih, & Elizabeth Prima. (2024). PKM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI DAN NUMERASI DI TK KUMARA DHARMA KERTI II, ABIANSEMAL. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/2758
Section
Articles

References

Anas, Aff. 2012. Workshop dan Jenisnya. Tersedia pada:http://anasaff.blogspot.co.id/2012/08/workshop-dan-jenisnya.html

Guslinda dan Kurnia, Ita. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya:Jakad Publishing

Mawardi,Ahmad, Tambak Syahraini, Siwal. 2018. Penerapan Metode Diskusi DalamMeningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Faqih. Jurnal Al-Hikmah. Vol 15(1)

Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif danMenyenangkan. Bandung: Rosdakarya

Novrani, Arika dkk. 2021. Pengembangan Literasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jakarta: Kemdikbud

Suryobroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka cipta

Tim GLN Kemendikbud. 2017. Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Jakarta:Kemendikbud

Wardhani, Budi dkk. 2021. Pengembangan Numerasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jakarta: Kemdikbud