SISTEM INFORMASI LAYANAN PEDULI PANTAI MUNGGU SEBAGAI SOLUSI PERMASALAHAN SAMPAH OBYEK WISATA PANTAI

Main Article Content

Ida Bagus Neo Kurnia Amadea
Putu Andhika Kurniawijaya
Aulia Iefan Datya
Agus Tommy Adi Prawira Kusuma
Christian Tonyjanto
I Gede Ngurah Wira Pratama
I Gede Yoga Pratama Putra
I Putu Gede Teguh Jaya Pramana

Abstract

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Munggu merupakan lembaga yang
bertanggung jawab atas obyek wisata Pantai Munggu, Termasuk dalam hal kebersihan,
pengelolaan sampah. Sistem pengolahan sampah yang berjalan pada obyek wisata
Pantai Munggu masih belum efektif, yaitu sering terjadi keterlambatan dalam
pengangkutan sampah pada suatu bak sampah serta sistem monitoring pada bak
sampah masih dilakukan secara terjadwal mengingat banyak bak sampah yang di tempatkan
pada lokasi tertentu pada beberapa titik di pantai serta volume sampah yang tidak menentu
karena kontribusi pengunjung tempat wisata dalam pembuangan sampah yang rutin. Jika
sampah tersebut tidak ditangani secara cepat dan tepat, sampah tersebut akan
membusuk sehingga mengakibatkan pencemaran udara dan lingkungan di sekitar obyek
wisata Pantai Munggu. Berdasarkan hal tersebut maka dirancang sistem informasi Layanan
Peduli Pantai Munggu. Pada obyek wisata Pantai Munggu Berbasis web. Sistem informasi
layanan pengaduan ini diharapkan dapat membantu pihak Kelompok Sadar Wisata
(Pokdarwis) Desa Munggu agar penanganan sampah di obyek wisata pantai munggu dapat
lebih efektif. Proses sistem informasi ini adalah, staff – staff dari Kelompok Sadar Wisata
(Pokdarwis) Desa Munggu memantau dan menerima laporan pengaduan dari pengunjung
obyek wisata Pantai Munggu terkait keberadaan sampah yang menumpuk atau belum
dibersihkan di wilayah pantai munggu, sehingga sampah dapat segera ditangani.
Perancangan situs menggunakan metode Waterfall, dibangun dengan bahasa pemrograman
Sublime Text 3, PHP serta Xampp 7.4.6 sebagai database-nya, dan pengujian sistem
menggunakan blackbox testing sehingga membuat sistem informasi aduan berbasis website
sebagai sarana untuk memenuhi aspirasi publik yang peduli dengan kebersihan pantai
munggu yang tersedia daring di dalam internet.

Article Details

How to Cite
Ida Bagus Neo Kurnia Amadea, Putu Andhika Kurniawijaya, Aulia Iefan Datya, Agus Tommy Adi Prawira Kusuma, Christian Tonyjanto, I Gede Ngurah Wira Pratama, … I Putu Gede Teguh Jaya Pramana. (2022). SISTEM INFORMASI LAYANAN PEDULI PANTAI MUNGGU SEBAGAI SOLUSI PERMASALAHAN SAMPAH OBYEK WISATA PANTAI. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 5. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/3051
Section
Articles

References

A. P. Silalahi and H. Gi. Simanullang, “Penerapan Metode Simple Additive

Weighting (SAW) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pegawai

Teladan Di Kantor Bupati Langkat,” Methoda, vol. 9, no. 3, pp. 145–154, 2019.

A. F. Sallaby and I. Kanedi, “Perancangan Sistem Informasi Jadwal Dokter

Menggunakan Framework Codeigniter,” pp. 48–53, 2020.

A. Handijono, “MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN DENGAN STRATEGI CRM

PADA PT. DESALITE, PAMULANG,” pp. 221–238, 2006.

R. C. Kolyaan, Y., Rachmat, dan A. Ly, “Penerapan Customer Relationship

Management ( Crm ) Pada Pt .Media Bumi Animha Berbasis Web,” Musamus J.

Res. Inf. Commun. Technol., vol. Vol.1, no. No.2, pp. 63–68,2019.

I. K. Jaya, H. G. Simanullang, A. Gea, U. M. Indonesia, M. Hulu, and M.

Polonia, “APLIKASI E-ULOS DENGAN KONSEP CUSTOMER RELATIONSHIP

MANAGEMENT UNTUKMEMBANGUN,” vol. 4, no.1, pp. 20–26, 2020.

M. Hidajat, Supria, F. A. Luwinda, and H. Sanjaya, “Emotional Speech

Classification Application Development Using Android Mobile Applications,”

Proc. 2019 Int. Conf. Inf. Manag. Technol. ICIMTech 2019, vol. 1, no. August,

pp. 400–403, 2019, doi: 10.1109/ICIMTech.2019.8843816.

I. Oktaviani, K. Mustofa, and S. Maragawati, “Sistem Informasi Manajemen

Pelayanan Pada Klinik Pratama Dengan Metode CRM,” vol. 2, pp. 14–20, 2020.

Y. Asbar and M. A. Saptari, “Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan

Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES,” J. Visioner

Strateg., vol. 6, no. 2, pp. 39–47, 2017.

W. Agustin, R. Adlan, and Y. Efendi, “Pembangunan Website E-CRM

(Electronics Customer Relationship Management) pada House Of Smith

Pekanbaru,” It J. Res. Dev., vol. 3, no. 2, pp. 9–18, 201

doi:10.25299/itjrd.2019.vol3(2).1893.

N. Illias, N. H. Abdul Hamid, and Z. A. Shaffiei, “Pnscares: The android

based mobile application to manage student complaints,” Bull. Electr.

Eng. Informatics, vol. 9, no. 3, pp. 1276–1283, 2020,

doi: 10.11591/eei.v9i3.2065.

R. V Golhar, P. A. Vyawahare, P. H. Borghare, and A. Manusmare, “Design

And Implementation Of Android Base Mobile App For An Institute,” pp. 3660–

, 2016.

R. H. Putra, F. T. Kusuma, T. N. Damayanti, and D. N. Ramadan, “IoT:

Smart garbage monitoring using android and real time database,” Telkomnika

(Telecommunication Comput. Electron. Control., vol. 17, no. 3, pp.

–1491, 2019, doi: 10.12928/TELKOMNIKA.V17I3.10121. [13] L. Nababan and E. Tuti, “Determination Feasibility of Poor Household

Surgery by Using Weighted Product Method,” 2018 6th Int. Conf. Cyber IT Serv.

Manag. CITSM 2018, no. Citsm, pp. 1–6, 2019, doi:

1109/CITSM.2018.8674253.