SISTEM INFORMASI LAYANAN PEDULI PANTAI MUNGGU SEBAGAI SOLUSI PERMASALAHAN SAMPAH OBYEK WISATA PANTAI
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Munggu merupakan lembaga yang
bertanggung jawab atas obyek wisata Pantai Munggu, Termasuk dalam hal kebersihan,
pengelolaan sampah. Sistem pengolahan sampah yang berjalan pada obyek wisata
Pantai Munggu masih belum efektif, yaitu sering terjadi keterlambatan dalam
pengangkutan sampah pada suatu bak sampah serta sistem monitoring pada bak
sampah masih dilakukan secara terjadwal mengingat banyak bak sampah yang di tempatkan
pada lokasi tertentu pada beberapa titik di pantai serta volume sampah yang tidak menentu
karena kontribusi pengunjung tempat wisata dalam pembuangan sampah yang rutin. Jika
sampah tersebut tidak ditangani secara cepat dan tepat, sampah tersebut akan
membusuk sehingga mengakibatkan pencemaran udara dan lingkungan di sekitar obyek
wisata Pantai Munggu. Berdasarkan hal tersebut maka dirancang sistem informasi Layanan
Peduli Pantai Munggu. Pada obyek wisata Pantai Munggu Berbasis web. Sistem informasi
layanan pengaduan ini diharapkan dapat membantu pihak Kelompok Sadar Wisata
(Pokdarwis) Desa Munggu agar penanganan sampah di obyek wisata pantai munggu dapat
lebih efektif. Proses sistem informasi ini adalah, staff – staff dari Kelompok Sadar Wisata
(Pokdarwis) Desa Munggu memantau dan menerima laporan pengaduan dari pengunjung
obyek wisata Pantai Munggu terkait keberadaan sampah yang menumpuk atau belum
dibersihkan di wilayah pantai munggu, sehingga sampah dapat segera ditangani.
Perancangan situs menggunakan metode Waterfall, dibangun dengan bahasa pemrograman
Sublime Text 3, PHP serta Xampp 7.4.6 sebagai database-nya, dan pengujian sistem
menggunakan blackbox testing sehingga membuat sistem informasi aduan berbasis website
sebagai sarana untuk memenuhi aspirasi publik yang peduli dengan kebersihan pantai
munggu yang tersedia daring di dalam internet.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
A. P. Silalahi and H. Gi. Simanullang, “Penerapan Metode Simple Additive
Weighting (SAW) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pegawai
Teladan Di Kantor Bupati Langkat,” Methoda, vol. 9, no. 3, pp. 145–154, 2019.
A. F. Sallaby and I. Kanedi, “Perancangan Sistem Informasi Jadwal Dokter
Menggunakan Framework Codeigniter,” pp. 48–53, 2020.
A. Handijono, “MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN DENGAN STRATEGI CRM
PADA PT. DESALITE, PAMULANG,” pp. 221–238, 2006.
R. C. Kolyaan, Y., Rachmat, dan A. Ly, “Penerapan Customer Relationship
Management ( Crm ) Pada Pt .Media Bumi Animha Berbasis Web,” Musamus J.
Res. Inf. Commun. Technol., vol. Vol.1, no. No.2, pp. 63–68,2019.
I. K. Jaya, H. G. Simanullang, A. Gea, U. M. Indonesia, M. Hulu, and M.
Polonia, “APLIKASI E-ULOS DENGAN KONSEP CUSTOMER RELATIONSHIP
MANAGEMENT UNTUKMEMBANGUN,” vol. 4, no.1, pp. 20–26, 2020.
M. Hidajat, Supria, F. A. Luwinda, and H. Sanjaya, “Emotional Speech
Classification Application Development Using Android Mobile Applications,”
Proc. 2019 Int. Conf. Inf. Manag. Technol. ICIMTech 2019, vol. 1, no. August,
pp. 400–403, 2019, doi: 10.1109/ICIMTech.2019.8843816.
I. Oktaviani, K. Mustofa, and S. Maragawati, “Sistem Informasi Manajemen
Pelayanan Pada Klinik Pratama Dengan Metode CRM,” vol. 2, pp. 14–20, 2020.
Y. Asbar and M. A. Saptari, “Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES,” J. Visioner
Strateg., vol. 6, no. 2, pp. 39–47, 2017.
W. Agustin, R. Adlan, and Y. Efendi, “Pembangunan Website E-CRM
(Electronics Customer Relationship Management) pada House Of Smith
Pekanbaru,” It J. Res. Dev., vol. 3, no. 2, pp. 9–18, 201
doi:10.25299/itjrd.2019.vol3(2).1893.
N. Illias, N. H. Abdul Hamid, and Z. A. Shaffiei, “Pnscares: The android
based mobile application to manage student complaints,” Bull. Electr.
Eng. Informatics, vol. 9, no. 3, pp. 1276–1283, 2020,
doi: 10.11591/eei.v9i3.2065.
R. V Golhar, P. A. Vyawahare, P. H. Borghare, and A. Manusmare, “Design
And Implementation Of Android Base Mobile App For An Institute,” pp. 3660–
, 2016.
R. H. Putra, F. T. Kusuma, T. N. Damayanti, and D. N. Ramadan, “IoT:
Smart garbage monitoring using android and real time database,” Telkomnika
(Telecommunication Comput. Electron. Control., vol. 17, no. 3, pp.
–1491, 2019, doi: 10.12928/TELKOMNIKA.V17I3.10121. [13] L. Nababan and E. Tuti, “Determination Feasibility of Poor Household
Surgery by Using Weighted Product Method,” 2018 6th Int. Conf. Cyber IT Serv.
Manag. CITSM 2018, no. Citsm, pp. 1–6, 2019, doi:
1109/CITSM.2018.8674253.