PELATIHAN GIVING DIRECTION BAHASA INGGRIS BAGI SISWA SMKS PURI WISATA PANCASARI KECAMATAN SUKASADA, BULELENG – BALI
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Program Studi Sastra Inggris Universitas Dhyana Pura yang memiliki fungsi dan peran melayani melalui pembelajaran, penelitian, dan pengabdian bagi sivitas akademika dan masyarakat umum telah melaksanakan kegiatan pelatihan bahasa Inggris dengan memfokuskan pada keterampilan berbicara dan menulis dengan topik Giving Direction bagi siswa SMKS Puri Wisata Pancasari. Keterampilan ini dipilih untuk membantu siswa lebih percaya diri dalam mengekspresikan ide dan pikiran mereka dalam bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan. Topik Giving Direction dipilih sebagai tindak lanjut dari kebutuhan sekolah yang menginginkan anak didiknya mampu memberikan instruksi yang berkaitan dengan memberikan arah (Giving Direction) dalam percakapan sehari – hari. Dari pelatihan ini dapat disimpulkan bahwa pelatihan bahasa Inggris ini dapat membantu siswa dalam memahami topik giving direction. Hal ini terlihat dari perbedaan nilai rata-rata siswa saat mengerjakan pre-test dan post-test. Dimana nilai rata-rata post-test lebih baik dibandingkan nilai rata-rata saat pre-test. Selain itu, siswa juga cukup mampu memberikan arahan sesuai dengan lembar kerja yang diberikan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Dwi, Budi, Setiawan., Dhiona, Ayu, Nani., Shiwi, Angelica, Cindiyasari. (2022). 4. Basic english training for students to improve students’ academic mobility: community services at al-huda high school in south lampung. doi: 10.33365/comment.v2i2.201
Dwi, Nur, Hadiyansah., Nuril, Firdaus., Musdalifa, Musdalifa. (2024). 2. English Language Training At PP. Raden Rahmad Sunan Ampel Jember. Alkhidmah, doi: 10.59246/alkhidmah.v2i1.772
Ebhard, J.G. 2006. Teaching English as a Foreign or Second Language: A Teacher Self-Development and Methodology Guide. Ann Arbor: The University of Michigan Press.
Jorge, Bacca-Acosta., Julian, Tejada., Carlos, Ospino-Ibañez. (2021). 1. Learning to Follow Directions in English Through a Virtual Reality Environment: An Eye Tracking Study and Evaluation of Usability. doi: 10.4018/978-1-7998-5043-4.CH013
Mia, Sofi, Nurlaelli., Nanan, Abdul, Manan., Oman, Hadiana., Tio, Heriyana., Hermawan, Hermawan. (2023). 4. Improve English Language Skills through Meeting Training Vocabulary (MTV) for Ban Khlongrua School Krabi Thailand Students. doi: 10.35568/abdimas.v6i3.3695
Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching (2nd ed.). Cambridge: Cambridge University Press
Strevens, P. (1988). ESP after twenty years: A re-appraisal. In M. Tickoo (Ed.), ESP: State of the art (1-13). SEAMEO Regional Language Centre
Xiaolong, Shi. (2024). 6. Effective Strategies and Teaching Methods for Developing Practical English Skills. The education review, USA, doi: 10.26855/er.2024.04.006