EDUKASI GURU DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN COMPAREMAG UNTUK PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD NEGERI 1 MACANG KARANGASEM
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Proses pembelajaran merupakan proses belajar yang berlangsung dua arah untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru perlu memiliki cara meningkatkan kualitas proses pembelajaran agar sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Salah satu cara yang dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik. Media pembelajaran yang menggunakan permainan terdapat unsur edukasi merupakan sistem yang interaktif dan efektif. Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran CompareMag bagi guru-guru SD Negeri 1 Macang, Karangasem menjawab permasalahan mitra. Pelatihan media pembelajaran CompareMag merupakan metode belajar interaktif untuk meningkatkan keterlibatan siswa pada proses pembelajaran Bahasa Inggris. Hasil pretest menunjukkan dari 9 orang guru, nilai rata-rata pretest 65 dan nilai rata-rata pretest 92. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan guru sebesar 40%. Dilihat dari keterampilan guru dalam membuat media 80% guru mempunyai keterampilan dalam membuat media CompareMag. Hasil respon guru-guru menyatakan kegiatan program kemitraan berhasil pengetahuan meningkatkan dan keterampilan guru-guru di SD Negeri 1 Macang dalam membuat media pembelajaran untuk mata pelajaran Bahasa Inggris.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Budiman, M. A., Widyaningrum, A., & Azizah, M. (2020). Kreatifitas Guru Dalam Memilih Media Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Penelitian, 32–42. https://conference.upgris.ac.id/index.php/snhp/article/view/1172/856
Iswari, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar. Deiksis, 9(02), 119. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1375
Kaltsum, H. U. (2017). Pemanfaatan Alat Peraga Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar. Urecol, 19–24.
Kusumaningtyas, E. S., & Mukhlishina, I. (2023). Pengembangan Media Papan Magnet Merangkai Kalimat Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3172–3179. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6144
Lestari, P. I. (2023). Edukasi APE Literasi Bagi Guru PAUD. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada …, 5, 540–547. https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/view/1901%0Ahttps://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/download/1901/700
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Mufida, A., Abidin, R., & Muhamad. (2021). Perancangan Board Game Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia 6-10 Tahun. Jurnal Barik, 2(3), 44–59. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/42217/36298
Nugrahani, R., & Rupa, J. S. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1), 35–44.
Setiyanigrum, R. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 2016, 2016–2020.