PENINGKATAN KAPASITAS KELOMPOK SADAR WISATA MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN

Main Article Content

Wayan Eny Mariani
I Gede Totok Suryawan

Abstract

ABSTRAK
Kintamani sebagai salah satu objek wisata paling menarik di Bali memiliki berbagai potensi wisata mulai dari pemandangan gunung dan danau Batur, hotspring, trekking, camping, villa & home stay. Melihat potensi tersebut banyak muncul usaha di bidang pariwisata dalam bentuk kelompok sadar wisata (pokdarwis). Dalam menjalankan operasionalnya pokdarwis ini mengalami berbagai hambatan mulai dari masalah pemasaran, pengelolaan keuangan, SDM, hingga masalah lingkungan. Solusi untuk permasalahan tersebut yaitu penyelenggaraan Focus Group Discussion yang menghadirkan pihak pemerintah, akademisi, dan praktisi pariwisata di Bangli untuk membahas permasalahan yang dihadapi, perancangan sebuah sistem untuk media pemasaran kedua mitra, serta penyelenggaraan pelatihan keuangan dan penggunaan sistem booking. Hasil penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat ini adalah tersampaikannya berbagai permasalahan yang dihadapi para pelaku bisnis pariwisata di Caldera Batur kepada pihak terkait, terciptanya Online Booking And Payment System untuk kedua mitra, serta bertambahnya pengetahuan kedua mitra dalam pengelolaan keuangan.
Kata kunci: Caldera, Pemasaran, Pengabdian, Keuangan, Sistem
ABSTRACT
Kintamani as one of the most attractive tourism objects in Bali has a variety of tourism potentials ranging from mountain and lake views of Batur, hotspring, trekking, camping, villas & home stays. Seeing this potential, many businesses in the tourism sector appear in the form of tourism awareness groups (Pokdarwis). In carrying out its operations the pokdarwis experienced various obstacles like issues of marketing, financial management, human resources, and environmental problems. The solutions to the problems are the implementation of Focus Group Discussion which presents related tourism practitioners in Bangli to discuss the problems, designing a system for marketing media, organizing financial and using a booking system training. The results are conveyed the various problems faced by tourism businesses in Caldera Batur to related parties, the Online Booking And Payment System for two partners marketing media, increased knowledge of the partners in financial management.
Keywords: Caldera, Marketing, Community Service, Finance, System.

Article Details

How to Cite
Mariani, W. E., & Suryawan, I. G. T. (2018). PENINGKATAN KAPASITAS KELOMPOK SADAR WISATA MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 1. https://doi.org/10.36002/sptk.v0i0.465
Section
Articles