PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN APARAT PEMERINTAH DESA GUNA MENIGKATKAN KINERJA LAYANAN

Main Article Content

Yeyen Komalasari
Ni Putu Dyah Krismawintari

Abstract

ABSTRAK
Perangkat pemerintah desa merupakan alat pemerintah sebagai pelaksana pemerintah terendah. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya harus mampu menunjukkan kualitasnya sebagai abdi masyarakat dan abdi Negara. Oleh karena itu peningkatan kualitas pelayanan aparat desa merupakan hal yang penting dilakukan guna meningkatkan kinerja aparat desa sebagai abdi masyarakat. Metode yang diterapkan pada kegiatan ini berupa ceramah/sosialisasi oleh dosen sebagai narasumber, dan simulasi/role play oleh mahasiswa sebagai surveyor kepada para aparat desa Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, Bali. Hasil program pengabdian masyarakat ini adalah dapat dilihat dari perubahan yang terjadi pada pelayanan aparat desa diantaranya, yaitu; Kepercayaan masyarakat terhadap Perangkat Desa makin meningkat akibat dari kinerja Perangkat Desa menjadi lebih berkualitas, aspiratif, responsif, dan akuntabel, terbukti dari daftar tingkat kunjungan masyarakat yang memperoleh pelayanan semakin meningka. Hali ini akan mampu menciptakan pemerintahan yang baik (good government).
Kata kunci: kualitas layanan, kinerja layanan, pelayanan, aparat pemerintah
ABSTRACT
The village government is the lowest government implementer. In carrying out its duties and functions it must be able to show its quality as a public servant. Therefore improving the quality of service for village officials is an important thing to do to increase the performance of village officials as community servants. The method applied in this activity is socialization by lecturers as resource persons, and simulations / role plays by students as surveyors to the village officials of Tibubeneng, North Kuta, Badung, Bali. The results of this community service program can be seen from the changes that occur in the services of village officials namely; the trust of the community towards Village Devices is increasing as a result of their performance becoming more qualified, aspirational, responsive, and accountable, as evidenced by the increasing level visitation of people who obtain services. This will be able to create good government.
Keywords: service quality, service performance, service, government officials

Article Details

How to Cite
Komalasari, Y., & Krismawintari, N. P. D. (2019). PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN APARAT PEMERINTAH DESA GUNA MENIGKATKAN KINERJA LAYANAN. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 1. https://doi.org/10.36002/sptk.v0i0.618
Section
Articles