DESAIN WEBSITE PENJUALAN KERAJINAN KETAK SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN EKONOMI MASYATAKAT

Main Article Content

. Kartarina
Pahrul Irfan
Cristofer Satria

Abstract

ABSTRAK

Masyarakat Lombok, NTB memiliki banyak produk kerajian tangan, diantaranya adalah Ketak. Ketak merupakan anyaman sejenis akar-akaran yang berasal dari tanaman paku pakuan. Ketak dapat dibentuk menjadi berbagai macam kerajinan tangan. Pembuatan kerajinan ini banyak dilakukan oleh ibu – ibu rumah tangga sebagai penghasilan tambahan dan biasanya produk yang dihasilkan dititipkan pada toko-toko penjual oleh-oleh yang ada di kota Mataram. Pasca musibah gempa yang terjadi di pulau lombok pada bulan Agustus 2018, penjualan ketak menurun drastis karena menurunnya kunjungan pariwisata ke Lombok. Selain itu anyaman ketak belum banyak dikenal, dan para pengrajin hanya dapat memasarkan hasil anyamannya dengan cara menitipkan pada pengepul-pengepul (tengkulak) dengan harga murah yang kemudian dijual kembali kepada toko-toko penjual oleh-oleh khas Lombok. Dari permasalahan tersebut perlu adanya pendekatan sistem informasi ekonomi yang dapat mengakomodasi industri rumahan ini. Dengan dibuatnya Desain Sistem Informasi Ekonomi, diharapkan dapat membantu mempromosikan dan memasarkan kerajian ketak.
Kata kunci: Desain Sistem Informasi, kerajinan ketak, media promosi.

ABSTRACT

The people of Lombok, NTB have many handicraft products, including Ketak. Ketak is a kind of weaving root originating from ferns. Ketak can be formed into various kinds of crafts. The making of this craft is mostly done by housewives as additional income and usually the products produced are deposited in the shops selling souvenirs in the city of Mataram. After the earthquake that occurred on Lombok island in August 2018, sales of ketak dropped dramatically due to the decline in tourism visits to Lombok. In addition, ketak are not widely known, and craftsmen can only market the results of their plaits by entrusting collectors at low prices which are then sold back to the shops selling souvenirs typical of Lombok. From these problems it is necessary to have an economic information system approach that can accommodate this home industry. With the creation of the Economic Information System Design, it is hoped that it can help promote and market ketak.
Keywords: craft, information system, promotion

Article Details

How to Cite
Kartarina, ., Irfan, P., & Satria, C. (2019). DESAIN WEBSITE PENJUALAN KERAJINAN KETAK SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN EKONOMI MASYATAKAT. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 2. https://doi.org/10.36002/sptk.v0i0.772
Section
Articles