Implementasi Kapitasi Berbasi Kinerja di Puskesmas II Jembrana, Kabupaten Jembrana

Main Article Content

Ni Kadek Cahyadi
I Putu Dedy Kastama
Nyoman Suarjana

Abstract

Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) merupakan pola penyesuaian besaran tarif kapitasi berdasarkan hasil penilaian pencapaian indikator pelayanan yang disepakati berupa hasil kinerja FKTP untuk meningkatkan mutu pelayanan yang diterapkan  pada  seluruh FKTP yang bekerja sama dengan BPJS. KBK dinilai berdasarkan pencapaian indikator yang meliputi Angka Kontak (AK) dengan capaian 150‰, Ratio Rujukan Rawat Jalan Kasus Non Spesialistik (RRNS)  ≤ 2 %, dan Ratio Peserta Prolanis Terkendali (RPPT) ≥ 5%.. Studi pendahuluan capaian KBK di puskesmas II Jembrana AK 51,40‰, RRNS 2,16 %, dan RPPT 0,22%, rata-rata capaian pembayaran KBK 88%. Tujuan penelitian mengetahui bagaimana implementasi pencapaian indikator KBK dari komponen Input (man, money, methode, machine, material), Proses (planning, actuating, organizing, controlling) dan output. Merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan design penelitian studi kasus, responden sebanyak 6 orang (purposive sampling), analisa data menggunakan thematic analysis. Hasil penelitian, komponen input pada unsur methode belum ada SOP secara tertulis sebagai pedoman dalam implementasi pencapaian KBK, pada proses organizing belum ada pembagian tugas secara tertulis terkait dengan pelaksanaan pencapaian KBK dan output menunjukkan indikator KBK 3 bulan terakhir tercapai 100%.

Article Details

How to Cite
Cahyadi, N. K., Kastama, I. P. D., & Suarjana, N. (2023). Implementasi Kapitasi Berbasi Kinerja di Puskesmas II Jembrana, Kabupaten Jembrana. JURNAL KESEHATAN, SAINS, DAN TEKNOLOGI (JAKASAKTI), 2(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakasakti/article/view/2474
Section
Articles

References

BPJS Kesehatan. (2019). Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 7 Tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembayaran Kapitasi Berbasis Kinerja. 1–26.

Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana. (2021). Kerangka Acuan Kerja JKJ Plus.

Fahmil, D. (2022). Kabupaten Langkat. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(April).

Handoko, H. (1985). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. PT. Liberty.

Iqbal, M. A. M. (2020). Pandemi Covid-19, Angka Kontak FKTP ke Peserta Harus Tetap Terjaga. BPJS Kesehatan, september. https://bpjs- kesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments

Kemenkes RI, K. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/117565/permenkes-no-43-tahun-2019

Marataka, S. K., Rohman, H., & Arifah, I. N. (2020). Capaian Indikator Pengelolaan Dan Pelaporan Data Puskesmas Untuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Prosiding"e-Health",1–9. http://publikasi.aptirmik.or.id/index.php/prociding/article/view/1

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.

Mujiati, & Y, Y. (2016). Ketersediaan Sumber Daya Manusia Kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dalam Era Jaminan Kesehatan Nasional Di Delapan Kabupaten-Kota Di Indonesia. Media Litbangkes, 26(4), 201–210.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Munawaroh. Halimatul. (2019). Analisis Faktor Pencapaian Indikator Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBPKP) Di Puskesmas Kota Palembang (Issue Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (S2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya).

Nick, Y. (2012). Proses Perencanaan Program Upaya Kesehatan Wajib (Basic Six) Pada Puskesmas Di Kabupaten Keerom Propinsi Papua. Universitas Hasanuddin Makassar, 1–11.

Nurfikri, A. (2021). Analisis kesiapan klinik pratama akbid muhammadiyah cirebon dalam menghadapi pembayaran kapitasi berbasis kinerja. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : Jkki, 10(03), 151–157.

Pendidikan, F. I., & Indonesia, U. P. (2010). Pengolahan dan analisis data hasil penelitian

Peraturan Presiden. (2004). UU RI No.40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jdih BPK RI, 1–45.

Perpres 78 tahun 2010.pdf. (n.d.).

Praja, B. A. (2019). Gambaran Manajemen Program Pengelolaan Penyakit Kronis di Puskesmas Sukowono dan Puskesmas Gumukmas Kabupaten Jember. In Skripsi Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember.

Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administrasi. Edisi Ke 10 (Edisi Revisi).

Sulaeman, E. S. (2019). Manajemen Kesehatan Teori dan Praktik di Puskesmas. 1–27.

Studi, P., Perpustakaan, I., Budaya, F. I., Diponegoro, U., & Tembalang, K. U. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. 2(3), 317–324.

Undang – Undang No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS)

Wanodya, K. S. (2020). Review Literatur : Analisis Fishbone Diagram dalam Pelaksanaan Early Warning Alert And Respon System ( EWARS ) pada Deteksi KLB. 3(1), 43–54.

Yeni Riza, D. (2020). Implementasi (Input, Proses dan Output) JKN-KIS pada Pelayanan Kesehatan di Faskes Tik.1 Puskesmas Alalak Tengah Implementation. The Indonesian Journal of Health Promotion, 3(2), 204–210.