PEMETAAN KASUS DIABETES MELLITUS MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KOTA DENPASAR PROVINSI BALI TAHUN 2021

Main Article Content

Putu Trisna Dian Pramesti
Agus Donny Susanto
Nyoman Ngurah Adisanjaya

Abstract

Diabetes mellitus merupakan penyakit gangguan metabolisme akibat ketidakseimbangan antara kebutuhan dan suplai insulin. Hasil penelitian yang dilakukan di Kota Denpasar dm dominan diderita oleh usia 45-54 tahun sebanyak 3.713 penderita. Pemetaan DM diharapkan membantu pembuat kebijakan untuk membaca suatu wilayah dengan kasus tertinggi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan sebanyak 362. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data pada Kota Denpasar dan data langsung saat melakukan penelitian dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persebaran dm terbanyak berada pada Kecamatan Denpasar Selatan dengan klasifikasi tinggi. Faktor usia, faktor jenis kelamin, faktor IMT, dan faktor gaya hidup menjadi penyebab tingginya kasus diabetes mellitus. Kesimpulan: pemetaan dan analisis menggunakan SIG perlu dilakukan agar dapat membaca wilayah dengan kasus tertinggi.

Article Details

How to Cite
Pramesti, P. T. D., Susanto, A. D., & Adisanjaya, N. N. (2023). PEMETAAN KASUS DIABETES MELLITUS MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KOTA DENPASAR PROVINSI BALI TAHUN 2021. JURNAL KESEHATAN, SAINS, DAN TEKNOLOGI (JAKASAKTI), 2(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakasakti/article/view/2477
Section
Articles

References

Atika, S. (2016). Self Management Dengan Perilaku Diet Penderita Diabetes Melitus Di Puskesmas. Jurnal Ilmu Keperawatan.

Ayudya, P. (2019). Persebaran Penyakit Diabetes Melitus Tipe II Berdasarkan Faktor Sosiodemografi dan Pola Hidup dengan Pendekatan SIG di Kelurahan Karangpucung Wilayah Kerja Pusekesmas Purwokerto Selatan.

Etika, A. N. (2016). Riwayat Penyakit Keluarga Dengan Kejadian Diabetes Melitus. Jurnal Care Volume 4 No 1.

Fatimah, R. N. ( 2015). Diabetes Melitus Tipe 2. Jurnal Majority.

Federation, I. D. (2021). IDF Diabetes Atlas Ten Edition. International Diabetes Federation.

Gistut. (1994). Sistem Informasi Geografis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hendrayani, S. &. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi. Jakarta: Prenada Media Group.

Imelda, S. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Diabetes Melitus di Puskesmas Harapan Raya Tahun 2018. Scienta Journal Volume 8 No 1.

Irwansyah, E. (2013). Prinsip Dasar Dan Pengembangan Aplikasi. Yogyakarta: Digibooks.

Kesehatan, P. M. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Komariah. (2020). Hubungan Usia, Jenis Kelamin dan Indeks Masa Tubuh Dengan Kadar Gula Darah Puasa pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Klinik Pratama Rawat Jalan Proklamasi, Depok, Jawa Barat. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada.

Lestari, H. (2007). Kejadian DM, Perilaku Berisiko Dan Kondisi Fisiologis Penderita DM di Indonesia. Jurnal Universitas Katolik Indonesia Atmajaya .

Menkes. (2008). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 269/MENKES/PER/III/2008.

Paramita, D. P. (2019). Pengaruh Riwayat Keluarga Terhadap Kadar Glukosa Darah Pada Dewasa Muda Keturunan Pertama Dari Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Denpasar Selatan. E-Journal Medika Vol 8 No 1.

PUSDATIN. (2014). Infodatin Diabetes Melitus. Jakarta: Pusat Data Dan Informasi Kementrian Kesehatan RI.

RI, K. K. (2014). Situasi dan Analisis Diabetes. Jakarta: Kementrian Kesehatan.

Ritonga, N. (2020). Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Diabetes Melitus Di RSUD Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia Volume 4 No 1.

Riyanto. (2010). Sistem Informasi Geografis Berbasis Mobile. Yogyakarta: Gava Media.

Rustiadi, E. (2009). Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Subekti, I. (2009). Patofisiologi Gejala dan Tanda Diabetes Melitus. In S. e. Soegondo, Penatalaksanaan Diabetes Melitus Terpadu. Jakarta: FKUI.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Susanti. (2018). Hubungan Pola Makan Dengan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Melitus. Jurnal Kesehatan Vokasional Volume 3 No 1.

Tandra, H. (2007). Segala Sesuatu Yang Anda Harus Ketahui Tentang Diabetes. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Usman, J. (2020). Faktor yang berhubungan dengan kejadian diabetes melitus pada pasien di RSUD Haji Makassar. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat Volume 2, 5 - 6.

WHO. (2016). Global Report On Diabetes. World Health Organization.

Yusnanda, F. (2018). Pengaruh Riwayat Keturunan terhadap Kejadian Diabetes Melitus pada Pra Lansia di BLUD RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh Tahun 2017. Journal of Healthcare Technology and Medicine Vol. 4 No. 1.