Tingkat Kepuasan Kunjungan Pasien Covid-19 terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Ruang Isolasi RSUD Wangaya Kota Denpasar

Main Article Content

Ni Made Indah Novita Lestari
I Putu Dedy Kastama Hardy
Made Agus Sugianto

Abstract

Garda terdepan ialah tugas dari seorang perawat yang berjuang melawan Corona Virus Disease-19 (Covid-19), Ruangan Isolasi yang disediakan oleh rumah sakit mempunyai program berbasis meningkatkan derajat kesehatan dan pencegahan serta pengendalian penyakit sebagai sasaran utama ialah pasien penderita Covid-19. Saat pandemi di ruang isolasi, Penambahan jumlah kasus yang kian meningkat drastis, berdampak petugas kesehatan mengalami tekanan yang sangat mempengaruhi kondisi fisik, psikis yang menyebabkan petugas kesehatan mengalami resiko stress yang tinggi sehingga dapat mengalami burnout. Burnout merupakan sindrom psikologis yang disebabkan timbulnya rasa kelelahan fisik yang luar biasa. Baik secara fisik, mental, serta emosional seseorang terganggudan terjadi penurunan kemampuan pribadi. Akan tetapi keluhan burnout ini tidak lah sama antar individu. Desain penelitian ini yakni berupa desain penelitian kuantitatif jenis analitik menggunakan metode pendekatan cross sectional. Penentuan sampel dengan Probability Sampling dengan teknik simpel random sampling, analisa data menggunakan analisis deskriptif dengan metode GAP analisis (analisis kesenjangan). Hasil riset menunjukan dengan metode GAP Analisis (Analisis Kesenjangan), antara harapan dan kenyataan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan. Dengan makna positif (Cukup Memuaskan), Tangible (0,4%), Reliability (0,3%). Responsiveness (0,4%), Assurance (0,2%), Emphaty (0,3%). Yakni kepuasan yang dirasakan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Wangaya sudah cukup baik dalam hal memenuhi kebutuhan serta harapan pasien.

Article Details

How to Cite
Lestari, N. M. I. N., Hardy, I. P. D. K., & Sugianto, M. A. (2023). Tingkat Kepuasan Kunjungan Pasien Covid-19 terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Ruang Isolasi RSUD Wangaya Kota Denpasar. JURNAL KESEHATAN, SAINS, DAN TEKNOLOGI (JAKASAKTI), 2(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakasakti/article/view/2479
Section
Articles

References

Ayuning Sekar Putri, Rina Listyowati. (2022) “Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Mutu Pelayanan Publik Masa Pandemi Covid-19 Di Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Badung. Universitas Udayana.

AS. Moenir. 2004 Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta : Penerbit Bumi Aksara

Abdul 2012. Hubungan perilaku Caring Perawat dengan tingkat Kepuasan pasien rawat inap rumah sakit

Bustami, 2011. “Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan Dan Akseptabilitasnya”. Jakrta: Erlangga.

Cahyaningrum, Ika, 2012. “ Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien dengan kepuasan Pasien Rawat Jalan Poliklinik Umum Peserta PKMS (Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta) di RSUD Kota Surakarta”. Universitas Muhamadyah Surakarta.

Dewanti Widya Astari, Afninnoviantani, Rosdiana Simanjuntak. 2021. “Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Era Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Mata Cicendo”. Rumah Sakit Cicendo.

Departemen Kesehatan RI 2007, Standar Pelayanan Minimal Rumah sakit, Jakarta.

Fitria, R. (2019). Studi Perbandingan Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan dan Faktor Determinan di Tiga Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(3), 407-472.

Kemenkes RI. 2020, Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19), Jakarta, Kemenkes RI.

Muninjaya, A. A. Gde, 2004. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Jakarta: EGC.