Gambaran Implementasi Billing System di Puskesmas Seririt II
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas adalah pemberian informasi tagihan kepada pasien dan pelaporan administrasi yaitu dengan menggunakan sistem aplikasi e-retribusi atau billing system. Seluruh Puskesmas di Kabupaten Buleleng sudah mengimplementasikan billing system termasuk salah satunya adalah Puskesmas Seririt II, dalam prosesnya tentu diperlukan Sumber Daya Manusia yang kompeten dalam penggunaan billing system akan tetapi di Puskesmas Seririt II bisa dikatakan belum memenuhi persyaratan tersebut karena ditemukan petugas yang bertanggungjawab terhadap billing system memiliki tanggungjawab pula di loket pendaftaran, poli gigi dan tim vaksinasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan perspektif fenomenologi. Dimana metode ini bertujuan untuk memahami tentang fenomena yang dialami atau terjadi oleh subjek penelitian. Dengan metode ini penulis mampu melihat gambaran implementasi billing system di Puskesmas Seririt II. Dari metode yang digunakan didapatlah hasil bahwa implementasi billing system di Puskesmas Seririt II dapat mempermudah dalam proses pengolahan data dengan waktu pelayanan pasien yang lebih singkat dan cepat, jumlah data pasien yang diolah menjadi tidak terbatas, proses pencarian data pasien yang cepat, serta penyimpanan data yang teratur serta dapat mempercepat proses pelayanan pasien.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adisasmito. (2008). Gambaran Perencanaan Kebutuhan Tenaga Dokter Umum dan Dokter Gigi Puskesmas serta Analisis Perhitungannya dengan Metode WIS di Kota Bekasi Tahun 2008. In PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat (Vol. 7, Issue 1, p. 1).
Ardiansa. (2019). Hubungan Antara Persepsi Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Gmim Siloam Sonder. Jurnal KESMAS, 8(7), 402–408.
Astrini, S., Ahri, R. A., & Samsualam, S. (2019). Implementasi Sistem Informasi Kesehatan (Sik) Puskesmas Di Kabupaten Konawe Selatan Tahun 2018. In Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis (Vol. 14, Issue 1, pp. 91–97).
Bappenas. (2019). Kajian Sektor Kesehatan Sumber Daya Manusia Kesehatan.
BPPSDM Kemekes RI. (2020). Rencana Aksi Program (RAP) Badan PPSDM Kesehatan Tahun 2020-2024.
Chalidyanto, D. (2017). SYSTEM RAWAT INAP MENGGUNAKAN KERANGKA PIECES HOSPITALIZATION BILLING SYSTEM PERFORMANC ... Administrasi Kesehatan Indonesia Fakultas Kesehatan Masyarakat, 4(10).
Depkes RI. (2004). SKN 2004 (A. Sujudi (ed.); 2004th ed.).
Efendi, F., & Kurniati, A. (2013). Review Sistematis Peningkatan Retensi Tenaga Kesehatan Daerah Tertinggal. July, 2013.
Kemenkes RI. (2018). Profil Kesehatan Indonesia 2018 (R. Kurniawan, Yudianto, B. Hardhana, & T. Siswanti (eds.); Vol. 1227, Issue July).
Khotimah, A., Lazuardi, L., Kesehatan, M., Kedokteran, F., & Gadjah Mada, U. (2018). Evaluasi Penerapan Konsep Integrasi Data Menggunakan Dhis2 Di Kementrian Kesehatan. Jurnal Sistem Informasi Kesehatan Masyarakat Journal of Information Systems for Public Health, 3(2), 45–54.
Laksmi Meiliana, 2015. Penerapan Sistem Billing Pada Instansi Kesehatan.
Mariani, Retno. (2010). Analisis penerapan standard operating procedure (SOP) pada pelayanan pendaftaran di puskesmas srondol, kota semarang tahun 2010. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Mulyanarko Hendik, Purnama Bambang Eka, Sukadi, 2013. Pembangunan Sistem Informasi Billing Pada Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kabupaten Pacitan Berbasis Web,Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, Volume 4 Nomor 2 Agustus 2013
Paruntu, B. R. L., & Rattu, A. J. M. (2015). Perencanaan Kebutuhan Sumber Daya Manusia di Puskesmas Kabupaten Minahasa Human Resource Requirements Planning in Health Center Minahasa District. Kesehatan Masyarakat, 5, 43–53.
Rahmat, M. A., & Saepulloh, A. (2018). Rancang bangun aplikasi sistem billing pada pasien rawat inap di rsia hj. karmini eh. tasikmalaya. Jumantaka, 01(01), 251–260.
Sidoarjo, D. I. K. (2012). Studi empiris pengelolaan dan peningkatan retribusi pelayanan kesehatan puskesmas di kabupaten sidoarjo. 6(1), 1–11.
Susanto, F. (2018). Sistem informasi pengolahan data pasien pada puskesmas abung pekurun menggunakan metode prototype. Jurnal Mikrotik, 8(1), 65–73.
Wahyuningsih, T., Hartati, S., Lazuardi, L., Matematika, F., Alam, P., & Mada, U. G. (2017). Penilaian Kualitas Billing system dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean. 2(1).
Zamrodah, Y. (2016). Pengaruh kualitas jasa billing system terhadap kepuasan pengguna di RSUD Nganjuk. 15(2), 1–23.