Pengaruh Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Perilaku Pindah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Kabupaten Tabanan

Main Article Content

Ni Made Ari Sukmawati
Ni Made Kurniati
I Putu Dedy Kastama Hardy

Abstract

Peserta JKN berhak memilih fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang diinginkan sebagai tempat berobat pertama. Hal ini menyebabkan timbulnya fenomena berpindah FKTP. Menurut penelitian sebelumnya salah satu faktor penyebab perilaku berpindah FKTP adalah kepuasan. Namun penelitian lain menyatakan kepuasan tidak berpengaruh terhadap perilaku berpindah FKTP. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kepuasan peserta JKN terhadap perilaku berpindah FKTP di Kabupaten Tabanan. Design penelitian ini adalah cross-sectional. Uji analisis yang digunakan adalah Chi Square Test. Hasil uji analisis memperoleh hasil nilai Odds Ratio 5,62 dan P Value 0,019. Simpulan penelitian ini yaitu sebanyak 95% peserta JKN di FKTP Kabupaten Tabanan merasa puas, terdapat 56% peserta JKN tidak pernah melakukan perpindahan FKTP sejak pertama kali terdaftar menjadi peserta JKN dan 43,5% pernah melakukan perpindahan FKTP, dan kepuasan peserta JKN berpengaruh signifikan terhadap perilaku berpindah FKTP di Kabupaten Tabanan.

Article Details

How to Cite
Sukmawati, N. M. A., Kurniati, N. M., & Hardy, I. P. D. K. (2023). Pengaruh Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Perilaku Pindah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Kabupaten Tabanan. JURNAL KESEHATAN, SAINS, DAN TEKNOLOGI (JAKASAKTI), 2(2). https://doi.org/10.36002/js.v2i2.2592
Section
Articles

References

Amiroh, D. Z. dan Ni Wayan Sukmawati Puspitadewi. (2021). Hubungan Antara Kepuasan Dengan Loyalitas Pelanggan Di Hypermart Gresik. Jurnal Penelitian Psikologi Universitas Negeri Surabaya, 8(1).

Anggraeni, Ni Made. (2018). Pengaruh Waktu Tunggu, Keramahan Petugas Dan Kompetensi Petugas Terhadap Kepuasan Pelanggan UPTD Puskesmas II Negara. Jurnal Ilmu Hukum Humaniora dan Politik, 1,

Astuti, Herni Justiana dan Nagase Keisuke. (2014). Patient Loyalty to Healthcare Organizations: Relationship Marketing and Satisfaction. International Journal of Management and Marketing Research. 7(2).

Badan Pusat Statistik (2020). Banyaknya Sarana Kesehatan Menurut Kabupaten / Kota di Provinsi Bali Tahun 2020. Denpasar.

BPJS Kesehatan (2014) Gate Keeper Concept Faskes BPJS Kesehatan. Jakarta: BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan, K. D. (2020) Peserta JKN-KIS yang melakukan perpindahan FKTP di Kabupaten Tabanan Tahun 2020. Denpasar.

Kemenkes RI, K. (2013) Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jakarta: Kemenkes Republik Indonesia.

Kemenkes RI, K. (2014) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014. Jakarta.

Kurniawati, R. (2018). Pengaruh Ketelitian dan Kecepatan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Ahass Galur Honda Motor.

Mukhadiono., & Subagyo, W. (2011). Pengaruh Prosedur dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Kualitas Pelayanan Peserta Program Jamkesmas di Puskesmas I Cilongok. Jurnal Keperawatan Soedirman, 6(1)

Noviana, L., & Eddy Supriyadinata Gorda, A. (2018). Harapan Pasien, Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(3), 118-134. https://doi.org/10.38043/jmb.v15i3.610

Kotler, Philip dan Keller, K. K. 2014. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Ristiani, Ida Yunari. (2017). Pengaruh Sarana Prasarana dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien (Studi pada Pasien Rawat Jalan Unit Poliklinik IPDN Jatinangor). Jurnal Coopetition, 8 (2), 155-166.

Shah, M.A.R., Husnain, M. and Zubairshah, A. (2018) Factors Affecting Brand Switching Behavior in Telecommunication Industry of Pakistan: A Qualitative Investigation. American Jour-nal of Industrial and Business Management, 8, 359-372. https://doi.org/10.4236/ajibm.2018.82022

Suandana, I. A., Januraga, P. P. and Indrayathi, P. A. (2019) ‘Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keinginan Perpindahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Pada Peserta Jkn Mandiri Di Kota Denpasar Tahun 2017’, Archive of Community Health, 6(1), p. 1. doi: 10.24843/ach.2019.v06.i01.p01.

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Cetakan Ke. Bandung: CV. ALFABETA.

Suhartina., Ginting, T., Suyono, T dan Well A.S.(2020). Pengaruh Kompetensi dan Kualitas Petugas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawatjalan Di Puskesmas Sei Agul Medan. Jurnal Kesmas Prima Indonesia, 2(2)

Ulandari, S., & Yudawati, S. (2019). ‘Analisis Kualitas Pelayanan, Sarana Prasarana dan Lingkungan Terhadap Kepuasan Pasien’, Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 7(2)

Wasita, R. R. R., Nopiyani, N. M. S. and Januraga, P. P. (2018) ‘Switching of primary health care providers among self-paid health insurance participants in Denpasar, Bali, Indonesia’, Public Health and Preventive Medicine Archive, 6(2),

Zega, C. O. (2017) ‘Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Pindah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Di Wilayah Kerja Puskesmas Medan Denai Tahun 2017’, USU - Institutional Repository.