Studi Deskriptif: Analisa Aspek Adversity Quotient Mahasiswa yang Mengikuti Perkuliahan Hybrid di Universitas Dhyana Pura

Main Article Content

Ni Putu Sokawati
I Gede Dhika Widarnandana
Tio Rosalina

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis gambaran adversity quotient mahasiswa yang mengikuti perkuliahan hybrid di Universitas Dhyana Pura. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan analisis data menggunakan distribusi frekuensi. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 337 orang mahasiswa aktif Universitas Dhyana Pura yang mengikuti perkuliahan hybrid, dengan rentang usia 18 sampai dengan 25 tahun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala adversity quotient yang disusun oleh peneliti menggunakan teori adversity quotient dengan jumlah item sebanyak 32. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan 32 item secara online. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa aspek yang tertinggi adalah aspek endurance, dengan jumlah mahasiswa yang memiliki aspek endurance yang tinggi sebanyak 73 orang. Tingginya skor pada aspek endurance menunjukan bahwa partisipan menganggap bahwa kendala dan penyebab kesulitan yang dihadapi saat perkuliahan hybrid hanya bersifat sementara dan akan segera berlalu. Hasil kategorisasi aspek-aspek adversity quotient menunjukan bahwa partisipan memiliki aspek control, origin, ownership, reach dan endurance yang tergolong dalam kategori sedang pada semua aspeknya.

Article Details

How to Cite
Sokawati, N. P., Widarnandana, I. G. D., & Rosalina, T. (2023). Studi Deskriptif: Analisa Aspek Adversity Quotient Mahasiswa yang Mengikuti Perkuliahan Hybrid di Universitas Dhyana Pura. JURNAL KESEHATAN, SAINS, DAN TEKNOLOGI (JAKASAKTI), 2(2). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakasakti/article/view/2620
Section
Articles

References

Arahnur, L., D. & Rinaldi, R. (2022). Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi Di Jurusan Psikologi UNP. Jurnal Pendidikan Tambusai,6(1), 1060-1068.

Azwar, S. (2017). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2018). Dasar-Dasar Psikomertika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baety, D. N. & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880-989.

Cahyani, M. D. E. (2016). Deskripsi Tingkat Adversity Quotient Mahasiswa Angkatan 2014 Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Sanata Dharma.Unpublished bachelor degree’s thesis, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia.

Gunarsa, S. D. & Gunarsa Y.S.D. (2001). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Huda, T. N., & Mulyana, A. (2017). Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Prestasi Akademik Mahasiwa Angkatan 2013 Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 115-132.

Mossavar-Rahmani, F., & Larson_Daugherty, C. (2007). Supporting The Hybrid Learning Model: A New Proposition. MERLOT Journal Of Online Learning And Teaching, 3(1), 67-78.

Nastiti, R. & Hayati, N. (2020). Pembelajaran Daring Pada Pendidikan Tinggi: Tantangan Bagi Mahasiswa Dan Dosen Di Tengah Pandemi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 378-390.

Novilita, H., & Suharnan, S. (2013). Konsep Diri Adversity Quotient Dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Tabularasa, 8(1).

Pragholapati, A. (2020). New Normal “Indonesia” After Covid-19 Pandemic.

Rosalinda, I. & Michael, T. (2019). Pengaruh Harga Diri Terhadap Preferensi Pemilihan Pasangan Hidup Pada Wanita Dewasa Awal Yang Mengalami Quarter-Life Crisis. JPPP- Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 8(1), 20-26.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan SPSS. Jakarta:Kencana.

Siswanto, Susila & Suyanto. (2017). Metodologi Penelitian Kombinasi Kualitatif-Kuantitatif Kedokteran & Kesehatan. Klaten: Bossscript.

Stoltz, P. G. (2018). Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: PT. Grasindo.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mix Method. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Suhartono, S. (2017). Adversity Quotient Mahasiswa Pemrogram Skripsi (Adversity Quotient Of Student Programming Thesis). Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 209-220.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, Sinto, R., Singh, G., Nainggolan L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan C. O. & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus disease 2019: Tinjauan literatur terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45-67.

Utami, I. B., & Karyanta, N. A. (2014). Hubungan Antara Optimisme Dengan Adversity Quotient Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran UNS Yang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 2(5 Mar).

Wang, X., Liu, M., Tee, S., & Dai, H. (2021). Analysis of Adversity Quotient Of Nurshing Students In Macao: A Cross-Section And Correlation Study. International Journal Of Nursing Science, 8(2), 204-209.

Wardani, W. S. K., & Saidiyah, S. (2016). Daya Juang Mahasiswa Asing. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 213-224.

Widuri, E. L. (2012). Regulasi Emosi Dan Resiliensi Pada Mahasiswa Tahun Pertama. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 24531.

Widyawati. (2022). Kasus Konfirmasi Covid-19 Menurun Signifikan, Pemerintah Terus Mengimbau Disiplin Prokes dan Vaksinasi. Sehat Negeriku. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20220220/2839361/kasus-konfirmasi-covid-19-menurun-signifikan-pemerintah-terus-mengimbau-disiplin-prokes-dan-vaksinasi/. Diakses, 25 April 2022.