Efektivitas Implementasi Inovasi Komik Sehat terhadap Tingkat Kecemasan pada Anak di Ruang Cilinaya Rumah Sakit Daerah Mangusada Kabupaten Badung

Main Article Content

Ni Kadek Sukarini
Ni Putu Widya Astuti
Made Nyandra

Abstract

Tujuan penelitian untuk pengaruh Penerapan Inovasi Komik Sehat Terhadap Tingkat kecemasan pada anak. Rancangan penelitian adalah Pre Experimental One Group Pretest-Posttest Design di Ruang Cilinaya Rumah Sakit Daerah Mangusada pada bulan Maret sampai Juli tahun 2022. Sampel merupakan pasien rawat jalan berjumlah 36 orang. Data variabel dikumpulkan menggunakan kuesioner. Data kajian dianalisa dengan uji Paired t-test. Hasil didapatkan sebesar 75,5% anak berumur <5 tahun, 62,2% orang tua berumur ≥30 tahun, 78,4% perempuan dan 89,2% berpendidikan SMA. Terdapat pengaruh implementasi komik sehat dengan penurunan tingkatt kecemasan (nilai p-value=0,000). Komik Sehat efektif menurunkan tingkat kecemasan pada anak di ruang Cilinaya RSDM Kabupaten Badung.

Article Details

How to Cite
Sukarini, N. K., Astuti, N. P. W., & Nyandra, M. (2023). Efektivitas Implementasi Inovasi Komik Sehat terhadap Tingkat Kecemasan pada Anak di Ruang Cilinaya Rumah Sakit Daerah Mangusada Kabupaten Badung. JURNAL KESEHATAN, SAINS, DAN TEKNOLOGI (JAKASAKTI), 2(2). https://doi.org/10.36002/js.v2i2.2621
Section
Articles

References

Cano, T. (2022) ‘Social class, parenting, and child development: A multidimensional approach’, Research in Social Stratification and Mobility, 77(xxxx), p. 100648. doi:10.1016/j.rssm.2021.100648.

Edmond, K.M. et al. (2019) ‘Effect of early childhood development interventions implemented by primary care providers commencing in the neonatal period to improve cognitive outcomes in children aged 0 – 23 months : protocol for a systematic review and meta-analysis’, pp. 1– 8.

Kemenkes RI (2018) ‘Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018’, Kementrian Kesehatan RI, 53(9), pp. 1689–1699.

Pawiliyah, & Marlenis, L. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Mendongeng dengan Penurunan Tingkat Kecemasan pada Anak Usia Pra Sekolah Akibat Hospitalisasi. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 271-280.

Prastiwi, M.H. (2019) ‘Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun’, Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), pp. 242–249. doi:10.35816/jiskh.v10i2.162.

Roelen, K. and Saha, A. (2021) ‘Pathways to stronger futures ? The role of social protection in reducing psychological risk factors for child development in Haiti’, World Development, 142, p. 105423. doi:10.1016/j.worlddev.2021.105423.

Shives, L. R. (2012). Basic Concepts of Psychiatric-mental Health Nursing: Wolters Kluwer / Lippincott Williams & Wilkins.

Swarjana, I. K. (2022). Konsep Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Persepsi, Stres, Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan Kesehatan – Lengkap Dengan Konsep Teori, Cara Mengukur Variabel dan Contoh Kuesioner. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Utami, Y. (2014). Dampak hospitalisasi terhadap perkembangan anak. Jurnal ilmiah WIDYA, 2(2), 9-20.

Wahyuni, A. A. (2016). Tingkat Kecemasan Pada Anak Prasekolah yang Mengalami Hospitalisasi berhubungan dengan Perubahan Pola Tidur di RSUD Karanganyar. Gaster, 14(2), 100-111.