Implementasi Program Pendaftaran Online di Rumah Sakit Umum Bangli

Main Article Content

Putu Sukma Liandari
Kadek Fina Aryani Putri
Ni Made Kurniati

Abstract

Proses pendaftaran online di rumah sakit digunakan sebagai solusi dalam upaya untuk mengurangi antrian yang terjadi dalam proses daftar secara langsung di rumah sakit. Sistem daftar online juga dapat meningkatkan kualitas pelayanan pendaftaran, kepuasan pasien dan keluarga, serta efektifitas dan efisiensi pelayanan yang diberikan kepada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program pendaftaran online di Rumah Sakit Umum Bangli.Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling, dimana jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam (indepth interview) dengan teknik probing dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pengorganisasian dengan melibatkan berbagai sektor, diantaranya Bidang Pelayanan, Bagian Pendaftaran, dan  Bagian Informasi dan Teknologi (IT). Proses pelaksanaan pendaftaran online dilakukan dengan mengakses melalui whatsapp, kemudian memilih jenis layanan yang tertera sesuai kebutuhan (sesuai surat rujukan/kontrol), sampai pelanggan mendapatkan bukti reservasi. Selanjutnya, proses pengawasan berupa monitoring yang dilakukan oleh Bidang Pelayanan, Pendaftaran, Penunjang, dan Poliklinik dengan indikator keberhasilan yaitu adanya pendaftaran pasien dengan menggunakan pendaftaran online sebanyak 5% dari total pendaftaran layanan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat empat proses dalam penerapan pendaftaran online di RSU Bangli yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Proses perencanaan pendaftaran online di RSU Bangli didasarkan akibat terjadinya penumpukan antrian manual. Pendaftaran online dioperasikan dengan menggunakan aplikasi whatsapp. Berdasarkan hasil tersebut perlu adanya tambahan berupa sarana komputer untuk kelancaran pendaftaran.

Article Details

How to Cite
Liandari, P. S., Putri, K. F. A., & Kurniati, N. M. (2023). Implementasi Program Pendaftaran Online di Rumah Sakit Umum Bangli. JURNAL KESEHATAN, SAINS, DAN TEKNOLOGI (JAKASAKTI), 2(3). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakasakti/article/view/2716
Section
Articles

References

Braun, V., Clarke, V. (2013). Teaching Thematic Analysis: Overcoming Challenges and Developing Strategies for Effective Learning.

Deus, F. . (2018). Implementasi Teknologi API Whatsapp pada Aplikasi Penjadwalan Rawat Jalan Berbasis Web STMIK AKAKOM Yogyakarta. 9–30. https://kbbi.web.id/efektif,

Damayanti, N. A., Jati, S. P., & Fatmasari, E. Y. (2018). Analisis Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Berstatus Akreditasi Utama dan Paripurna di Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(5).

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Putra, G. V. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Rekam Medis Berbasis Web pada RS. Mata Masyarakat Surabaya. Jurnal Sistem Informasi Universitas Dinamika, 6(5).

Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju.