Evaluasi Implementasi Program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) di Desa Pemecutan Kelod, Kecamatan Denpasar Barat

Main Article Content

KM. Herliena Lestari
Made Nyandra
Ni Made Kurniati

Abstract

Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) merupakan program baru BNN dalam upaya meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam layanan rehabilitasi NAPZA. Diketahui bahwa terbentuknya program IBM dikarenakan masih tingginya kasus penyalahgunaan NAPZA dan rendahnya rehabilitasi sukarela. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi program IBM di Desa Pemecutan Kelod berdasarkan aspek input, process, dan output. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling sebanyak tiga informan, meliputi ketua IBM, pemegang program IBM, dan mantan klien IBM. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program IBM dalam aspek input telah memadai meski adanya keterbatasan anggaran. Dalam aspek processs implementasi program IBM telah berpedoman pada Panduan Teknis Pembinaan Unit IBM bagi BNNP dan BNNK oleh PLRKM Tahun 2022, meskipun kegiatan pemantauan tidak dapat dilakukan secara maksimal. Serta dalam aspek output, diketahui bahwa program IBM di Desa Pemecutan Kelod terbilang belum efektif dikarenakan terkendala dalam menjangkau penyalahguna NAPZA dan rendahnya rehabilitasi sukarela. Kesimpulan dari penelitian ini, meskipun masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi, baik dari aspek input, process, dan output telah diupayakan secara maksimal dan dilakukan sesuai dengan pedoman yang berlaku. Upaya yang dapat dilakukan yaitu melakukan branding program IBM kepada masyarakat dan memaksimalkan koordinasi dengan jejaring desa.

Article Details

How to Cite
Lestari, K. H., Nyandra, M., & Kurniati, N. M. (2024). Evaluasi Implementasi Program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) di Desa Pemecutan Kelod, Kecamatan Denpasar Barat. JURNAL KESEHATAN, SAINS, DAN TEKNOLOGI (JAKASAKTI), 3(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakasakti/article/view/2942
Section
Articles

References

Amaliah, A., & Hermansyah. (2022). Implementasi Community Relations dalam Program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) Pasca Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(02).

Ariyanto., Aprianty, H., & Alexsander. (2023). Evaluasi Implementasi Program Desa/Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba), Upaya Daya Tangkal Penyalahgunaan Narkoba di Kota Bengkulu. Jurnal Riset Humaniora Dan Administrasi Negara, 1(1), 51–62.

BNN, P. (2022). INDONESIA DRUGS REPORT 2022 Pusat Penelitian, Data, Dan Informasi Badan Narkotika Nasional (PUSLITDATIN BNN).

Dewi, N. L. P. W. Y., Adnyani, N. K. S., & Hartanto, M. S. (2021). Efektivitas Pasal 144 Undang-Undang No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika Terhadap Penjatuhna Pidana Bagi Residive Narkotika di Kabupaten Buleleng. E-Journal Komunitas Yustisia Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 344–354.

Fawaidi, A. (2021). 818 Orang Ditangkap Terkait Kasus Narkoba di Bali Sepanjang 2021. https://amp.kompas.com/regional/read/2021/11/17/155049978/818-orang-ditangkap-terkait-kasus-narkoba-di-bali-sepanjang-2021-22-di. Diakses, 10 Mei 2022.

Istyawan, M., Hanita, M., & Utami, D. S. (2023). Analisis Ketahanan Keluarga Dalam Pemulihan Adiksi Narkotika Melalui Pendekatan Ekologi Keluarga. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 7(1), 139–148.

Nafizah, H., Jannah, R., Azzahra, R., Fadhilla, M., & Faridah, S. F. (2022). Penyuluhan Psikologi Asmaul Husna Pada Klien Intervensi Berbasis Masyarakat ( IBM ) BNN Provinsi Kalimantan Selatan di Kelurahan Telawang dan Mantuil. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin Adab Dan Dakwah.

Purnamasari, N., & Nuryati, T. (2022a). Evaluasi Implementasi Program Intervensi Berbasis Masyarakat di Wilayah Jakarta Utara. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur, 8(2),

Rasyidah, N., Tawakkal, & KC, K. (2019). IBM Penyuluhan Narkoba dan Pentingnya Edukasi Bahaya Narkoba Bagi Kelompok Majelis Taklim dan Pemuda di Desa Massamaturu Takalar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 1–14.

Restylia, N. (2020). Strategi Komunikasi dalam Menurunkn Tingkat Peyalahgunaan Narkoba Pada Masa Pandemi Covid 19 di Badan Narkotika Nasional KOta Banjarmasin. Jurnal Universitas Islam Muhammad, 1, 56–65.

RI, B. (2021). Data Statistik Narkoba. In Puslidatin (pp. 2–3).

Santi, A. N. G., Yuliartini, P. R. N., & Mangku, G. S. D. (2019). Perlindungan Hukum Terhadap Korban Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika di Kabupaten Buleleng. E-Journal Komunitas Yustisia Universitas Pendidikan Ganesha, 2(3), 216–226.

Surtikanthi, D., Rofii, M. S., Pelupessy, D., & Lindiasari, P. (2023). Evaluasi Kebijakan Layanan Rehabilitasi Narkotika Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) di Jawa Barat. Jurnal Endurance : Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 8(1), 51–66.

Syahputri, Mi. (2021). Penerapan Rehabilitasi Terhadap Pelaku Penyalahgunaan Narkotika (Studi Kasus di BNNK Banda Aceh) (Vol. 6, Issue August). Universitas Islam Negeri AR-Raniry.