GAMBARAN PROGRAM DESA GETTING to ZERO DI WILAYAH KERJA PUSKEMAS MENGWI I KABUPATEN BADUNG

Main Article Content

Ni Kadek Kartika Setio Widianingsih
Ni Made Kurniati
Kadek Fina Aryani Putri

Abstract

Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang dapat menyebabkan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS). Pada Tahun 2021 kasus HIV/AIDS 1.767, dengan kasus HIV 247 kasus dan sebanyak 1.520 kasus AIDS. Kasus paling banyak dialami oleh laki-laki (74,7%). Pada Tahun 2022 kasus HIV/AIDS sebanyak 4.797, tetapi dari program Getting to Zero belum tercapai. Kabupaten Badung telah melaksanakan berbagai upaya untuk memberikan sebuah inovasi, salah satunya berupa program Desa Getting to Zero pada tanggal 19 Desember 2022. Getting to Zero merupakan target Global untuk mencapai Ending AIDS pada Tahun 2030 dalam penanggulangan HIV/AIDS berbasis di desa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Responden pada Penelitian ini berjumlah 5 orang. Variabel pada penelitian ini adalah input, processs, output dengan melakukan wawancara mandala. Analisis data dengan menggunakan pendekatan tematik dan Teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program Desa Getting to Zero belum terdapat pedoman yang ditetapkan serta anggaran yang belum sepesifik adapun saran untuk pihak Dinas Kesehatan dapat terus melakukan koordinasi yang maksimal baik secara internal maupun eksternal bersama lintas sector untuk membahas terkait pedoman atau petunjuk teknis program Desa Getting to Zero melalui workshop, dan membentuk tim kerja.

Article Details

How to Cite
Widianingsih, N. K. K. S., Kurniati, N. M., & Putri, K. F. A. (2024). GAMBARAN PROGRAM DESA GETTING to ZERO DI WILAYAH KERJA PUSKEMAS MENGWI I KABUPATEN BADUNG. JURNAL KESEHATAN, SAINS, DAN TEKNOLOGI (JAKASAKTI), 3(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakasakti/article/view/2945
Section
Articles

References

Agustin, W. (2023). Kolaborasi Lintas Sektor Melalui Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Dalam Mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Studi Pada Penerapan Program Open Defecation Free (ODF) Di Kabupaten Pringsewu. Skripsi. Universitas Lampung: Bandar Lampung.

Badung, D. K. (2021). Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Badung.

Bali, D. K. (2021). Profil Kesehatan Provinsi Bali Tahun 2021. Bali: Dinas Kesehatan Provinsi Bali

Dinkes. (2021). Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Badung Tahun 2021.

Handayani, R. S., & Rahmayati, E. (2014). Faktor yang Berhubungan dengan Pemakaian Kondom dalam Pencegahan HIV/AIDS Pada PSK. Jurnal Keperawatan, X(1)

Islamy, A. Z., Supriyatin, S., & Sakti, I. (2022). Analisis Pengaruh Standar Operasional Prosedur, Teknologi Informasi dan Pengawasan terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen STEI, 4(1).

Junus, D. (2020). Profil Perencanaan Logistik Non Medik Rumah Sakit Haji Makassar . Jurnal Penelitian Kesehatan Pelamonia Indonesia, 3(2)

Lestari, T. R. P. (2016). Analisis Ketersediaan Tenaga Kesehatan di Puskesmas Kota Mamuju Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2014. Jurnal Kajian, 21(1)

Pratiwi, I. A., & Ulandari, L. P. S (2022). Gambaran Perencanaan dan Penganggaran Program Kesehatan Ibu dan Anak di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2022. Jurnal Harian Regiona, 9(3)

Rahani, R., & Theana, E. (2022). Pembentukan Model Loh Linier Tiga Dimensi Pada Asosiasi Sikap Diskriminatif dan Stigma Terhadap Orang Dengan HIV/AIDS, Pengetahuan Komprehensif HIV/AIDS dan Tingkat Pendidikan Remaja Perempuan di Indonesia. Jurnal Statistika dan Aplikasinya, 6(2)

Ramadhani, A. E., Septia, A. Y., Wijayanti, R., Setiningtias, A. (2020). Pengelolaan Diri Sebagai Upaya Membangun Kerja Sama Dalam Pertukaran Pelajar di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1)

Saley, R. Musiana., & Sumaryati. (2022). Analisis Manjemen Program Penanggulangan Penyakit HIV/AIDS di Wilayah Kerja Puskesmas Kalumata. 21-32.

Simamora, M. (2022). Pengaruh Sarana Prasarana dan Beban Kerja Terhadap Stres Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Pegawai Puskesmas Banjaran Nambo DTP Kabupaten Bandung. Serambi Sehat, 14(1).

Situmeang, B., Syarif, S., Mahkota, R. (2017). Hubungan Pengetahuan HIV/AIDS dengan Stigma terhadap Orang dengan HIV/AIDS di Kalangan Remaja 15-19 Tahun di Indonesia (Analisis Data SDKI Tahun 2012). Jurnal Epidemiologi Kesehatan Indonesia, 1(2)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutopo. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta.

Ulum, M. (2019). Pembinaan Kompetensi Ustadz Madrasah Diniyah Melalui Program Tarbliyatul Mu’allimin di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliiyah Ar Arosyidiyah Mambaul Ulum Pangarengan Sampang . Jurnal Program Studi PGMI, 6(2).