RANCANG BANGUN SISTEM REGISTRASI PERJANJIAN PASIEN RAWAT JALAN BERBASIS WEB DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH (UPTD) PUSKESMAS KEDIRI III KABUPATEN TABANAN BALI
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Pelayanan rawat jalan merupakan salah satu pelayanan pertama dan pintu gerbang rumah sakit dimana pelayanan tersebut harus memberikan kemudahan kepada pasien rawat jalan. Pelayanan kesehatan yang diharapkan agar efisien terutama saat proses registrasi pasien. Saat ini proses pendaftaran pasien di Unit Pelaksana Teknis Derah (UPTD) Puskesmas Kediri III masih dilaksanakan secara manual, dimana pasien harus datang secara langsung ke Puskesmas mengambil nomor antrian, kemudian mendaftarkan diri di loket pendaftaran, sehingga terjadi penumpukan antrian di loket pendaftaran, dan mengakibatkan waktu pelayanan menjadi lebih lama dan pelayanan menjadi tidak terstandar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem registrasi perjanjian pasien rawat jalan berbasis web di Unit Pelaksana Teknis Derah (UPTD) Puskemas Kediri III agar pelayanan kesehatan dapat berjalan lebih efektif dengan mempermudah pasien melakukan pendaftaran dari mana saja dan standar pelayanan rumah sakit akan meningkat. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan system development life cycle atau yang sering disingkat dengan SDLC dan tahap pengujian black box pada system informasi pendaftaran. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa telah dirancang dan dapat diaplikasikan system registrasi perjanjian berbasis web pasien rawat jalan di UPTD Puskesmas Kediri III.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Faunasari, A. D., Suparwati, A., & Wigati, P. A. (2014). Analisis Alur Pelayanan dan Antrian di Loket Pendaftaran Pasien Rawat Jalan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(1).
Fitriyani, D., Wolor, C. W., & Marsofiyati, M. (2023). Analisis Sistem Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Koja. Jurnal Manajemen Administrasi Bisnis dan Publik Terapan, 1(4)
Laeliyah, N., & Subekti, H. (2017). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2), 102–112.