Faktor Penyebab Ketidaklengkapan Persyaratan Pengajuan Berkas Klaim Pasien Bedah Rawat Inap Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Umum Kertha Usada Singaraja

Main Article Content

Ni Kadek Valentina Pebriani
Bambang Hadi Kartiko
Rai Riska Resty Wasita

Abstract

Ketidaklengkapan berkas klaim JKN merupakan tidak terisi lengkapnya berkas syarat klaim JKN yang berakibat berkas klaim dikembalikan ke rumah sakit oleh pihak BPJS Kesehatan. Berdasarkan data observasi periode Oktober-Desember 2022 diperoleh 120 berkas klaim pasien bedah rawat inap yang dikembalikan oleh pihak BPJS karena dianggap tidak lengkap berkas persyaratan pengajuan klaim JKN. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab ketidaklengkapan persyaratan pengajuan berkas klaim pasien bedah rawat inap peserta JKN di Rumah Sakit Kertha Usada Singaraja. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif analitik kualitatif dengan jenis penelitian cross sectional. Sampel penelitian ini yaitu 7 responden yang terdiri dari 2 dokter, 2 perawat, 1 kepala rekam medis, 2 petugas BPJS dengan teknik purposive sampling sebagai teknik pengumpulan data. Data pendukung dalam penelitian ini sebanyak 120 berkas klaim JKN pasien bedah rawat inap yang dikembalikan di RSU Kertha Usada Singaraja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar faktor penyebab ketidaklengkapan berkas klaim disebabkan oleh tidak lengkapnya nama/tanda tangan DPJP, tidak lengkapnya lembar scan hasil penunjang dan laporan operasi pasien. Dampak yang ditimbulkan dari ketidaklengkapan berkas klaim adalah pengembalian klaim dari BPJS dan petugas BPJS rumah sakit bekerja dua kali untuk melengkapi berkas yang tidak lengkap. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor ketidaklengkapan berkas klaim pasien bedah rawat inap yang paling dominan adalah ketidaklengkapan lembar scan laporan operasi dan hasil penunjang pasien.

Article Details

How to Cite
Pebriani, N. K. V., Kartiko, B. H., & Wasita, R. R. R. (2024). Faktor Penyebab Ketidaklengkapan Persyaratan Pengajuan Berkas Klaim Pasien Bedah Rawat Inap Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Umum Kertha Usada Singaraja. JURNAL KESEHATAN, SAINS, DAN TEKNOLOGI (JAKASAKTI), 3(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakasakti/article/view/2951
Section
Articles

References

Maharani, S., 2015. Penatalaksanaan Kelengkapan Data dalam Dokumen Persyaratan Klaim Asuransi BPJS Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Purworejo. Meintekkes the Journal of Manajement Information and Health Technology, 1(2).

Permenkes, 2008. Peraturan Menteri Republik Indonesia No. 269 Tahun 2008 tentang Rekam Medis, 1-7.

Permenkes, 2010. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 147 Tahun 2010 tentang Perizinan Rumah Sakit, 1-12.

Rohmawati, A. A., Diba, F., & Saepudin, D. (2017). Pemodelan dan Simulasi Peluang Kebangkrutan Perusahaan Asuransi dengan Analisis Nilai Premi dan Ukuran Klaim Berdistribusi Eksponensial, Indonesian Journal of Computing, 2().