Gambaran Kemandirian Activity of Daily Living Pada Anak Tunagrahita Ringan Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua

Main Article Content

Ni Putu Mira Kartika Sari
I Rai Hardika
Ni Nyoman Ari Indra Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan mengenai kemandirian activity of daily living tunagrahita ringan ditinjau dari pola asuh orang tua. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap orang tua penyandang tunagrahita ringan di Insan Mandiri Homeschooling. Penelitian ini berfokus pada bidang kemandirian activity of daily living anak tunagrahita seperti bidang penampilan diri dan sikap untuk mengembangkan kepribadian yang wajar, bidang makan dan minum, bidang kesehatan lingkungan, bidang tugas-tugas sederhana di rumah, bidang keuangan, bidang pemeliharaan anak kecil, dan bidang pertolongan pertama pada kecelakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan kemampuan kemandirian dari masing-masing subjek ditinjau dari pola asuh orang tua. Dilihat dari bidang kemandirian activity of daily living anak tunagrahita ringan, bentuk kemandirian activity of daily living anak tunagrahita ringan yang mengalami pola asuh demokratis lebih lebih memenuhi deskripsi kemandirian, dibandingkan dengan anak tunagrahita ringan dengan pola asuh permisif dan otoriter.

Article Details

How to Cite
Sari, N. P. M. K., Hardika, I. R., & Dewi, N. N. A. I. (2024). Gambaran Kemandirian Activity of Daily Living Pada Anak Tunagrahita Ringan Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua. JURNAL KESEHATAN, SAINS, DAN TEKNOLOGI (JAKASAKTI), 3(1). https://doi.org/10.36002/js.v3i1.2953
Section
Articles

References

Alfredo, H. Y. (2019). Pengaruh Metode Drill Terhadap Keterampilan Bina Diri Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Luka Ringan Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII di SLB Putera Asih Kota Kediri. Unpublished bachelor degree’s thesis, Universitas Negeri Malang, Indonesia.

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed.). Washington, DC: Author.

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122. DOI: 10.21043/thufula.v5i1.2421

Aziz, R. Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Jual Beli Bagi Anak Tunagrahita di SLB A YKAB Surakarta. Unpublished bachelor degree’s thesis, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Basuni, M. (2012). Pembelajaran Bina Diri Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(1), 12-22. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v9i1.6725

Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Garnida, D. (2016). Modul Guru Pembelajar SLB Tunagrahita Kelompok Kompetensi A. Bandung: PPPPTK TK dan PLB.

Hardika, P., Marlina, L., & Dewi, K. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Tunagrahita Sedang di YPAC Palembang. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 153-166. https://doi.org/10.19109/ra.v5i2.10369

Katmini, K., & Syakur, A. (2020). Pola Asuh Orang Tua Otoriter dengan Kemampuan Activities of Daily Living (ADL) pada Anak Retardasi Mental Usia 6-12 Tahun di SLB Yayasan Putra Asih Kediri Tahun 2018. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(1), 163-171. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i1.444

Kurniawan, E. (2012). Pengaruh Program Bina Diri Terhadap Kemandirian Anak Tunagrahita. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 616-628. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.2156

Maslim, R. (2013). Diagnosis Gangguan Jiwa, Rujukan Ringkas PPDGJ-III dan DSM-5. Jakarta: Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa FK-Unika Atmajaya.

Mulyana, A., Suryani, I. S., Nurakillah, H., Darusman, S. E., & Kurnia, F. (2022). Perbedaan pola asuh demokratis dan otoriter terhadap kemandirian anak tunagrahita di slb yayasan “b” kota tasikmalaya. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 13(2), 522-529. https://doi.org/10.26751/ji

Pridi, L. H. (2016). Modul Guru Pembelajar SLB Tunagrahita Kelompok Kompetensi D. Retrieved November 6, 2022 from https://repositori.kemdikbud.go.id/9510/1/TUNAGRAHITA%20D_LELA%203%20Mei%2716.pdf

Putri, U. K., & Ardisal. (2019). Pola Asuh Orang Tua Penyandang Tunagrahita Dalam Kemandirian Anak Tunagrahita di Bungo Pasang Painan. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(1), 96-104.

Rahman, A., & Adhma, H. (2019). Hubungan Peran Orang Tua Dalam Kemandirian Anak Tunagrahita Dalam Activities Daily Living Di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Kabupaten Pringsewu. Malahayati Nursing Journal, 1(2), 248-256.

Ramawati, D., Allenidekania, A., & Besral, B. (2012). Kemampuan Perawatan Diri Anak Tuna Grahita Berdasarkan Faktor Eksternal dan Internal Anak. Jurnal Keperawatan Indonesia, 15(2), 89-96. DOI: 10.7454/jki.v15i2.32

Rohyani, F., Murniati, W., Sari, T., & Fitri, A. R. (2023). Pola Asuh Permisif dan Dampaknya Kepada Anak Usia Dini (Teori dan Problematika). Islamic Edukids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1)

Sulistyawati, I., Hasanah, M., & Amelasasih, P. (2023). Gambaran Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Activity Daily Living Anak Tunagrahita. Al-Ihath Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 3(1), 1-18. https://doi.org/10.53915/jbki.v3i1.303

Surahman, B. (2021). Korelasi Pola Asuh Attachment Parenting terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Bengkulu: CV. Zigie Utama.

Wulandari, E., A. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Persepsi Gender, Perilaku dan Norma Dalam Kesehatan Reproduksi Remaja di Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Unpublished bachelor degree’s thesis, Universitas Jember, Indonesia.

Yusuf, M., Choiri, A. S., & Subagya. (2013). Pendidikan Kompensatoris Anak Berkebutuhan Khusus. Makasar: PSG Rayon.

Zakiyyah, S. (2019). Gambaran Dukungan Orangtua Tentang Tingkat Kemandirian Personal Hygiene Pada Anak Tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa C Kota Bandung. Unpublished bachelor degree’s thesis, Universitas Bhakti Kencana, Bandung, Indonesia.