PENGARUH PELATIHAN TEAM BUILDING TERHADAP KERJASAMA TIM DI ORGANISASI YOUNG ON TOP (YOT) BALI

Main Article Content

Felisya Agustina Putri Wijaya
I Gde Dhika Widarnandana
Wiriana

Abstract

Organisasi merupakan wadah berkumpulnya beberapa orang dengan tujuan tertentu. Kerjasama tim merupakan upaya dari sekumpulan orang dalam organisasi tersebut untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan team building terhadap kerjasama tim (teamwork) di Organisasi Young On Top (YOT) Bali dengan memberikan intervensi berupa pelatihan team building. Kerjasama tim diukur dengan menggunakan Indonesian Teamwork Scale oleh Rahmadi, S.N.F., Helli, I., Juwitaningrum, I. (2021) yang terdiri dari empat aspek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental research dengan desain pretest-posttest control group design dan partisipan berjumlah 32 orang anggota YOT. Data pada penelitian ini normal dan homogen, sehingga analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji parametrik independent sample t-test.


Setelah dilakukan penelitian berupa pelatihan kepada kelompok eksperimen, diperoleh nilai total pre-test sebesar 2.651 dan post-test sebesar 2.744, sedangkan pada kelompok control yang tidak diberikan perlakuan, diperoleh nilai total pre-test sebesar 2.704 dan post-test sebesar 2.706. Tidak adanya pengaruh yang signifikan yang ditunjukkan berdasarkan hasil uji kuantitatif.

Article Details

How to Cite
Wijaya, F. A. P., Widarnandana, I. G. D., & Wiriana. (2024). PENGARUH PELATIHAN TEAM BUILDING TERHADAP KERJASAMA TIM DI ORGANISASI YOUNG ON TOP (YOT) BALI. JURNAL KESEHATAN, SAINS, DAN TEKNOLOGI (JAKASAKTI), 3(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakasakti/article/view/2954
Section
Articles

References

Ambarwati. (2018). Perilaku dan Teori Organisasi (Amirullah, Ed.). Media Nusa Creative.

Arizona, R. (2017). Peran team work dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan pada pt. asuransi sinarmas cabang Malang. Jurnal Aplikasi Administrasi, 20(1), 52–60.

Cahyadi, A. (2012). Intervensi team building training untuk meningkatkan kepercayaan terhadap rekan kerja dan kualitas teamworkdi pt.s. Universitas Indonesia.

GreatNusa. (2021, September 22). Mengenal team building, aktivitas yang penting untuk kamu. GreatNusa. https://articles.greatnusa.com/team-building-adalah/. Diakses, 27 Oktober 2022.

Heryana, A. (2020). Organisasi dan teori organisasi. Ade Heryana.

Irawan, B. (2018). Organisasi formal dan informal: tinjauan konsep, perbandingan, dan studi kasus. Jurnal Administrative Reform, 6(4), 195-220.

Rahmadi, S. N. F., Ihsan, H., & Juwitaningrum, I. (2021). Instrumen indonesian teamwork scale.

Setiyanti, S. W. (2012). Membangun kerja sama tim (kelompok). JURNAL STIE SEMARANG, 4(3), 59–65.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk penelitian (E. Mulyatiningsih, Ed.). Alfabeta.

Tela, T., Yulian, V. N., & Budianingsih, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair. Biormatika, 5(1).