ANALISIS SENTIMEN TERHADAP KOMENTAR DENGAN K-NEAREST NEIGHBOR PADA PELAYANAN JASA EKSPEDISI ANTERAJA

Main Article Content

I Putu Okky Widiana Putra
Gerson Feoh
I Made Dwi Ardiada

Abstract

Pelayanan jasa ekspedisi Anteraja menyediakan berbagai pilihan pengiriman untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, dan beberapa pelanggan memberikan pendapat mereka sendiri untuk mempengaruhi pandangan orang lain. Dari hasil analisis timeline Twitter, terlihat bahwa kata kunci "ekspedisi Anteraja" telah menjadi tren, dan muncul banyak opini positif maupun negatif yang menarik untuk diteliti lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hasil analisis sentimen, accuracy, precision dan recall dari dua perbandingan data, yaitu 60:40 dan 70:30, menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor (KNN). Pemilihan algoritma KNN dilakukan karena KNN memiliki kemampuan yang lebih akurat dalam menangani data training. Hasil ini klasifikasi dengan algoritma KNN setelah dilakukan pengujian mendapatkan accuracy 56.76%, precision negatif 66.00%, precision positif 37.50%, recall negatif 66.00% dan recall positif 42.86% dari perbandingan 60:40 sedangkan pada perbandingan 70:30 mendapatkan accuracy 60.71%, precision negatif 68.83%, precision positif 42.86%, recall negatif 68.83% dan recall positif 37.50%. Hasil penelitian menunjukan terdapat 66.5% opini negatif dan 33,5% opini positif hal ini dikarenakan dapat merugikan masyarakat dalam melakukan pengiriman paket.

Article Details

How to Cite
Putra, I. P. O. W., Feoh, G., & Ardiada, I. M. D. (2024). ANALISIS SENTIMEN TERHADAP KOMENTAR DENGAN K-NEAREST NEIGHBOR PADA PELAYANAN JASA EKSPEDISI ANTERAJA. JURNAL KESEHATAN, SAINS, DAN TEKNOLOGI (JAKASAKTI), 3(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakasakti/article/view/2961
Section
Articles

References

Krisdiyanto, T. (2021) ‘Analisis Sentimen Opini Masyarakat Indonesia Terhadap Kebijakan PPKM pada Media Sosial Twitter Menggunakan Naïve Bayes Clasifiers’, Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 7(1), p. 32. Available at: https://doi.org/10.24014/coreit.v7i1.12945.

Salam, A., Zeniarja, J. and Khasanah, R.S.U. (2018) ‘Analisis Sentimen Data Komentar Sosial Media Facebook Dengan K-Nearest Neighbor (Studi Kasus Pada Akun Jasa Ekspedisi Barang J&T Ekpress Indonesia)’, Prosiding SINTAK, pp. 480–486. Available at: https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6659.