Rancang Bangun Game Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Android Menggunakan Unity 3D Engine (Studi Kasus SDN 5 Gulingan)
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Proses pembelajaran Bahasa Inggris yang diterapkan di SDN 5 Gulingan hanya menggunakan metode konvensional dengan menggunakan buku Lembar Kerja Siswa (LKS). Selain itu siswa kesulitan dalam mempelajari Bahasa Inggris sehingga menyebabkan tingkat penguasaan materi siswa kurang. Dalam penelitian ini penulis membuat game edukasi Bahasa Inggris berbasis Android dengan menggunakan Unity 3D Engine yang dapat membantu siswa SDN 5 Gulingan dalam mempelajari Bahasa Inggris dan menjadi media pendamping dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. Model yang digunakan adalah model Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE), dengan bahasa pemrograman C# dan menggunakan Microsoft Visual Studio sebagai teks editor, Unity 3D Engine sebagai engine dari rancang bangun game yang dibuat, Android Software Development Kit (SDK) karena diperlukan dalam pembuatan atau pengembangan aplikasi atau sistem yang berbasis Android, dan Google Speech akan digunakan dalam rancang bangun game edukasi ini untuk melakukan konversi suara ke teks. Hasil menunjukkan bahwa penelitian berhasil dengan analisis tingkat kemudahan penggunaan aplikasi (Uji Usability) sebesar 92,46% dengan kategori “Sangat Baik”.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Al Irsyadi, F. Y., Annas, R., & Kurniawan, Y. I. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pengenalan Benda-Benda di Rumah bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 9(2). https://doi.org/10.34010/jati.v9i2.1844
Amanda, D. A., & Putri, A. R. (2019). Pengembangan Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Android di SDN 1 Jepun. JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3(2). https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/joeict/article/download/1241/607
Muliana, I. N. (2020). Mengatasi Kesulitan dalam Berbahasa Inggris. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 56–63. https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2659.56-63
Yunanto, D. (2021). Rancang Bangun Game Puzzle Untuk Edukasi Rumah Adat Tradisional Indonesia Berbasis Android. Jurnal Edukasimu, 1(1), 1–9. http://edukasimu.org/index.php/edukasimu/article/view/15