Gambaran Coping Stress Berbasis Humor Yang Digali Dari Sisi Sense Of Humor Pada Guru-Guru Pendidik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Insan Mandiri Homeschooling
Article Sidebar
Download : 39
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan menemukan gambaran coping stress dengan menggunakan humor yang digali dari sisi sense of humor pada guru pendidik anak berkebutuhan khusus di sekolah Insan Mandiri Homeschooling. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan terhadap guru pendidik anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini berfokus pada aspek-aspek sense of humor yang terdiri dari humor production, coping with humor, humor appreciation dan attitudes toward humor. Hasil penelitian ini yaitu, bahwa dari guru-guru pendidik anak berkebutuhan khusus yang melakukan coping stress dengan humor karena gambaran sense of humor yang dimiliki tersebut juga mendukung. Mulai dari mampu dengan baik dalam menciptakan humor ketika mengalami tekanan stress, mampu mengelola humor sebagai cara untuk menurunkan tekanan stress, apresiasi terhadap humor yang diberikan juga berdampak baik pada keberhasilan coping strees dan sikap terhadap humor yang tertuang dengan memberikan perasaan senang terhadap humor walaupun sedang mengalami tekanan stress.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adrian, F. A., Putri, V. A., & Suri, M. (2021). Hubungan Belajar Online di Masa Pandemi Covid 19 dengan Tingkat Stress Mahasiswa S1 Keperawatan STIKes Baiturrahim Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 66-73. DOI: http://dx.doi.org/10.36565/jab.v10i1.276
Agushar, K. B. Z., & Sukendro, G. G. (2022). Persepsi Remaja Kota Purwokerto terhadap Konten Dark Joke pada Media Sosial Youtube. Journal Koneksi, 6(2), 236–245. DOI: https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15554
Amna, R. & Jannah, S. R. (2018). Tingkat Stress dan Mekanisme Koping Pada Guru Dalam Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmu Mahasiswa Fakultas keperawatan, 3(4), 107-113. http://jim.unsyiah.ac.id/FKep/article/view/8694
Anastasia, N. Z. & Tobing, J. L. (2019). Fight or Flight: Stres dan Strategi Coping Guru Pembimbing Khusus. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 189-211. DOI: https://doi.org/10.33541/jmp.v8i2.2980
Andriyani, J. (2019). Strategi Coping Stres Dalam Mengatasi Problem Psikologis. Jurnal AT-TAUJIH Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2), 37-55. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6527
Anjani, D., Fadhila, M., & Primasari, W. (2019). Strategi Komunikasi Pendidikan Dalam Menghadapi Temper Tantrum Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Makna, 5(2), 1-16. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/makna/article/view/1804
Asih, G.Y., Widhiastuti, H. &. Dewi, R. (2018). Stress Kerja. I. Semarang: Semarang University Press. ISBN: 978-602-9019-55-1. https://repository.usm.ac.id/files/bookusm/F013/20190627091334-STRESS-KERJA.pdf
Berger, A. (2017). An Anatomy of Humor. Routledge.
Dixon, R. (2021). The Effects of Humor When Coping With Humor. CMC Senior Theses. Undergraduate bachelor degree’ thesis. https://scholarship.claremont.edu/cmc_theses/2551/
Ekawarna. (2018). Manajemen Konflik dan Stress. Jakarta: Bumi Aksara. ISBN: 9786024444013.
Hidayat, U. F. (2022). Gambaran Sense of Humor pada Mahasiswa di Makassar. Undergraduate bachelor degree’ thesis, Universitas Bosowa Makassar, Makassar, Indonesia. https://repository.unibos.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/3122/2022%20Upik%20Fitriani%20Hidayat%204518091052.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Kemdikbud. (2019). Kemendikbud Ajak Daerah Tingkatkan Pendidikan Inklusif. Diakses 20 September 2022 dari: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/07/kemendikbud-ajak-daerah-tingkatkan-pendidikan-inklusif#:~:text=Permendiknas%20Nomor%2070%20Tahun%202009,menerima%20peserta%20didik%20berkebutuhan%20khusus.
Laudza, M. A. & Dinardinata, A. (2019). Hubungan Antara Penggunaan Humor Sebagai Strategi Coping Dengan Tingkat Stress Kerja pada Karyawan Bukery “Tous Les Jours” Kota Administrasi Jakarta Barat, Journal Empati, 8(2), 131-138. DOI: https://doi.org/10.14710/empati.2019.24412
Lubis, H.Z. (2023). Implementasi Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Hilda Z. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha.
Musyafira, I. D & Hendriani, W. (2022). Fenomena Stress Pada Guru Pendidik Khusus. Proceeding series of psychology, 1(1), 114–121. https://psikologi.unair.ac.id/proceeding-series-of-psychology/index.php/proceedingseriesofpsychology/article/view/21Pastika, M. I. (2022). Library Research Kajian Pengelolaan Kelas Bernuansa Humor untuk Mengatasi Kejenuhan Anak Didik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(1), 99-109. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i1.44362
Ramadhani, S., Ningsih, S. D., Nursiti, D., & Hutabarat, A. L. (2021). Pengaruh Sense of humor Terhadap Stres Diri Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Jurnal Psychomutiara, 4(2), 40-60. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/Psikologi/article/view/3323
Sahin, A. (2021). Humor Use in School Settings: The Perceptions of Teachers. Sage Journals, 1-6. DOI: https://doi.org/10.1177/21582440211022691
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Badung: Alfabeta. ISBN: 979-8433-71-8
Sumantri, M. A., Zahrani, Z., Ainiyah, H. R. & Idham, A. F. (2021). The Covid-19 Pandemic: Role of Coping Humor and Internal Health Locus of Control on Social Dysfunction and Anxiety & Depression. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal), 16.(4), 234-241. DOI: http://dx.doi.org/10.21109/kesmas.v16i4.4777
Syadiyah, R. K., Astuti, R. H. Y., & Aprilliani, F. (2021). Psikologi Positif Melalui Humor Dalam Menumbuhkan Kesehatan Mental. Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 68-78. DOI: https://doi.org/10.24239/nosipakabelo.v2i02.840
Tiara, R. & Fauziah, P. Y. (2022). Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Metode Humor Pada Warga Belajar agar Tercapainya Tujuan Pendidikan di Era Milenium Ketiga. Jounal of Lifelong Learning, 5(2), 51-57. https://ejournal.unib.ac.id/jpls/article/view/22581
Yudhaningrum, L. & Hanifah, A. (2019). Hubungan Antara Sense of humor dan Burnout Pada Guru SD di Jakarta Timur. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 8(2), 69-75. DOI: https://doi.org/10.21009/JPPP.082.02