Dinamika Adaptasi Karier Bagi Usia Di Generasi Z Dengan Kondisi Fatherless Di Kota Denpasar

Main Article Content

Gst. Ag. Indah Manik Cantika Dewi
I Gde Dhika Widarnandana
I Rai Hardika

Abstract

Gen  Z  adalah individu yang lahir dalam rentang tahun 1997 hingga 2012. Karakteristik Generasi Z dalam berkarier yang cenderung memiliki keinginan berpindah-pindah, kurang berkomitmen,  fleksibel, dan kurang mampu bekerja di bawah tekanan dalam mengambil pekerjaan. Maka dari itu dalam bekerja perlu adaptabilitas karier. Adaptabilitas karier adalah kesiapan individu dalam menghadapi suatu tantangan yang dapat dan tidak dapat diprediksi guna beradaptasi pada segala perubahan lingkungan yang memengaruhi pekerjaan. Namun dalam perjalanan kariernya individu tidak dapat disama ratakan, faktor keluarga menjadi slah satu penentu keberhasilan anak  dalam berkarier. Indonesia menjadi negara dengan tingkat  fatherless tertinggi ketiga di dunia.  Fatherless merupakan kondisi di mana terdapat ketidakhadiran sosok seorang ayah secara emosi, fisik, dan psikologis pada anaknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan purposive sampling sebagai cara menentukan subjek penelitian dengan kriteria sudah bekerja, generasi Z, mengalami fatherless, dan tinggal di Kota Denpasar. Pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara semi terstruktur dan observasi. Subjek penelitian berjumlah lima orang. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa kelima subjek memiliki kepedulian, pengendalian, keingintahuan, dan keyakinan karier yang tinggi. Walaupun termasuk dalam golongan generasi Z yang kurang berkomitmen dan tidak memiliki figur ayah sebagai role model dalam bekerja kelimanya memiliki cita-cita, motivasi, dan keyakinan yang kuat dalam berkarier.  

Article Details

How to Cite
Dewi, G. A. I. M. C., Widarnandana, I. G. D., & Hardika, I. R. (2024). Dinamika Adaptasi Karier Bagi Usia Di Generasi Z Dengan Kondisi Fatherless Di Kota Denpasar. JURNAL KESEHATAN, SAINS, DAN TEKNOLOGI (JAKASAKTI), 3(2), 212–225. https://doi.org/10.36002/js.v3i2.3150
Section
Articles

References

Amalia, D. R., Mushodiq, M. A., Mahmudah, M., Azizah, I. N., & Hidayatullah, R. (2022). Peran ayah dalam pendidikan anak masa pandemi pada keluarga wanita karir (Perspektif gender, pendidikan dan psikologi). Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 17(2), 237–254. https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i2.5468

Atqakum, L., Daud, M., Nur Hidayat Nurdin, M., Psikologi, F., & Negeri Makassar, U. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Adaptabilitas Karier Mahasiswa Tingkat Akhir. In Sosial dan Humaniora (Vol. 1, Issue 6).

Fakhriyani, D. V. (2022). Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan Efektifitas Layanan Bimbingan Karier Terhadap Perencanaan Karier Pada Santri Tingkat Akhir. 9, 107–115. https://doi.org/10.37064/consilium.v9i2.12345

Febrian, W. O., Firdaus, M. A., & Marlina, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Dan Pengembangan Karir Terhadap Loyalitas Karyawan. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, 3(1), 65–72.

Frazier, D. M., & Cowan, R. G. (2020). The Correlation Between Attachment Style, Self‐Esteem, and Psychological Well‐Being of Fatherless Women Ages 25–55. Adultspan Journal, 19(2), 67–76.

Ghani, R. A., Saripah, I., & Nadhirah, N. A. (2023). Role Model Siswa Dalam Penentuan Karir Remaja. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 123–130. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4118

Giantara, F., Kusdani, K., & Afrida, S. (2019). Peran Ayah Dalam Pendidikan Keluarga Di Kota Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 234–245.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28.

Hidayati, F., Kaloeti, D. V. S., & Karyono, K. (2011). Peran ayah dalam pengasuhan anak. Jurnal Psikologi, 9(1).

Irmayanti, R., & Siliwangi, I. (2019). Quanta Perencanaan Karier Pada Peserta Didik Smp. 3(1). https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642

Kartianti, S., & Asgar, S. (2021). Pelatihan Mengenal Potensi Diri Dan Kualitas Pribadi Bagi Siswa Smk (Vol. 1, Issue 1). http://e-jurnal.lppmunhena.ac.id/index.php/hirono

Kurniawan, N. A., Sudirman, M. Y., Pratama, A. Y., Amrullah, R., & Thalib, D. (2020). Urgensi PEran Orang Tua Dalam Membekali Wawasan Karir Pada Anak Selama Pandemi. Webinar Series FIP, 11–18.

Lestari, S. (2016). Psikologi keluarga: Penanaman nilai dan penanaman konflik dalam keluarga. Prenada Media.

Masi, L. M. (2021). Analisis Kondisi Psikologis Anak dari Keluarga Tidak Utuh pada Siswa SMA PGRI Kupang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 214–226.

Mulyana, O. P., Anugerah Izzati, U., Santi Budiani, M., Wayan, N., & Puspitadewi, S. (2022). Eksplorasi Komitmen Karier Guru An Exploration of Teacher’s Career Commitment. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 2023(1), 141–152.

Muninggar, M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Karir Anak. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 239–244.

Munjiat, S. M. (2017). Pengaruh Fatherless Terhadap Karakter Anak Dalam Prespektif Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).

Nawawi, M. I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar: Tinjauan berdasarkan Karakter Generasi Z. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 197–210.

Nindyati, A. D., & Ramadhani, A. (2022). Bagaimana Generasi Z Di Jakarta Memaknai Pekerjaannya?(How Z Gen in Jakarta have their Meaning of their Work?). INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 13(01).

Putri et al (2022). Usaha Mikro Perempuan Di Bumdes Wonoasri. 1, 70–84. http://repository.unmuhjember.ac.id/13751/10/J.%20artikel.pdf

Rachmawati, D. (2019). Welcoming Gen Z in Job World (Selamat Datang Generasi Z di dunia kerja). Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019, 1(1), 21–24.

Rafa Sakina, M., . Peningkatan Perencanaan Karier Melalui Bimbingan Eksplorasi Karier Pada Siswa Sma. Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri, M. (n.d.)

Ramdhani, R. N., Budiamin, A., & Budiman, N. (2019). Adaptabilitas Karir Dewasa Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), 361–370.

Safira, A., Hendriana, H., & Yuliani, W. (2021). VALIDITAS DAN RELIABILITAS ANGKET KESADARAN KARIER. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 285. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7259

Sakitri, G. (2021). Selamat Datang Gen Z, Sang Penggerak Inovasi! Forum Manajemen, 35(2), 1–10.

Sari, A. K., Yusuf, A. M., Iswari, M., & Afdal, A. (2021). Analisis teori karir krumboltz: Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1).

Savickas, M. L. (2013). Career construction theory and practice. Career Development and Counseling: Putting Theory and Research to Work, 2, 144–180.

Sobari, M. (2022). Gambaran Kemampuan Self Control Pada Anak yang di Duga Mengalami Pengasuhan Fatherless. Journal of Islamic Early Childhood Education (JOIECE): PIAUD-Ku, 1(1), 1–5.

Suryati, M., & Solina, E. (2019). Peran Ibu sebagai orang tua tunggal dalam mendidik anak di Desa Lancang Kuning Utara. Jurnal Masyarakat Maritim, 3(2), 1–9.

Suwidagdho, D., Hadi, A., Setiawati, R., Studi Bimbingan Dan Konseling, P., & Mercu Buana Yogyakarta, U. (2023). Volume 4 Nomor 1 (2023) Pages 30-41 Coution : Journal of Counseling and Education Tren Penelitian Perencanaan Karier Di Indonesia: Dari Metode Penelitian Hingga Variabel-Variabel Terkait.

Syibli, Y. M. (2021). Sosok Dan Peran Ayah Dalam Persepsi Anak Yatim. JIECO: Journal of Islamic Education Counseling, 1(01 Juni), 1–13.

Tinggi, S., Islam, A., & Nabi, J. (n.d.). Pola Hubungan Antar Manusia Sebagai Insan Pendidikan Kiki Mundiasari. www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan

Youarti, I. E., & Hidayah, N. (2018). Perilaku phubbing sebagai karakter remaja generasi Z. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 143–152.

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi z di era digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87.