Self-Regulated Learning Memprediksi Tingkat Kecemasan Akademik Mahasiswa yang Sedang Mengambil Skripsi di Universitas Dhyana Pura
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel self-regulated learning dapat memprediksi tingkat kecemasan akademik mahasiswa yang sedang mengambil skripsi di Universitas Dhyana Pura. Variabel self-regulated learning dimodifikasi dari skala milik Suputra dan Susilawati (2019) dan skala kecemasan akademik berdasarkan teori Holmes (1991). Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa yang sedang mengambil skripsi di Universitas Dhyana Pura berjumlah 105 sampel penelitian. Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-regulated learning dapat memprediksi tingkat kecemasan akademik mahasiswa yang sedang mengambil skripsi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
American Psychological Association. (2022). Anxiety. American Psychological Association. https://www.apa.org/topics/anxiety
Azwar, S. (2019). Metode penelitian psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.
Azyz, A. N. M., Huda, M. Q., & Atmasari, L. (2022). School well-being dan kecemasan akademik pada mahasiswa. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 3(1), 18–35. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/happiness.v3i1.350
Chatarina, D. (2015). Hubungan antara self-regulated learning dengan kecemasan akademis pada siswa kelas XII SMA Negeri 3 Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Firmantyo, T., & Alsa, A. (2016). Integritas akademik dan kecemasan akademik dalam menghadapi ujian nasional pada siswa. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.21580/pjpp.v1i1.959
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education (8th ed., Issue 1). McGraw-Hill.
Hartika, Li. D., Surijah, E. A., Wahyuni, N. K. J. D., & Labulu, M. M. B. (2019). Studi eksperimen aktivitas fotografi untuk menurunkan tingkat kecemasan dan stres. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 9(01), 1–17. https://doi.org/10.35814/mindset.v9i01.722
Holmes, D. (1991). Abnormal psychology. HarperCollins Publishers, Inc.
Hooda, M., & Saini, A. (2017). Academic anxiety: an overview. 8(3), 807–810. https://doi.org/10.5958/2230-7311.2017.00139.8
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2016). Mahasiswa. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Mahasiswa
Kemendikbud RI. (2020). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia nomor 4 tahun 2020. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI, 1–76.
Kristina. (2022). 6 jenis tugas kuliah mahasiswa, calon maba perlu tahu nih. In 8 Februari 2022 (p. 1). https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5933298/6-jenis-tugas-kuliah-mahasiswa-calon-maba-perlu-tahu-nih
Lestari, W., & Wulandari, D. A. (2021). Hubungan antara dukungan sosial terhadap kecemasan akademik pada mahasiswa yang menyusun skripsi di masa pandemi covid-19 semester genap tahun ajaran 2019/2020. Psimphoni, 1(2), 93–98. https://doi.org/10.30595/psimphoni.v1i2.8174
Malau, D. I. Y., Sandayanti, V., & Eksa, D. R. (2020). Hubungan kecemasan mengerjakan tugas dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati tahun 2019. Jurnal Psikologi Universitas HKBP Nommensen, 7(1), 22–32. https://doi.org/https://doi.org/10.36655/psikologi.v7i1.183
Maria, D. Y., Rahayu, B. A., & Polinggapo, N. A. (2022). Motivasi dan tingkat kecemasan mahasiswa mengerjakan skripsi. Motivasi Dan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Mengerjakan Skripsi, 12(4), 75–82. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/pskm.v12i4.394
Nahdi, D. S. (2017). Self regulated learning sebagai karakter dalam pembelajaran matematika. The Original Research of Mathematics, 2(1), 20–27.
Sanitiara, Nazriati, E., Firdaus, (2014). Hubungan Kecemasan Akademis denganRegulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun 2013/214. Fakultas Kedokteran,Universitas Riau. JOM FK VOL 1, NO 2, Oktober 2014
Siregar, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif: dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS (1st ed.). Kencana.
Situmorang, D. D. B. (2019). Academic anxiety sebagai distorsi kognitif terhadap skripsi: Penerapan konseling cognitive behavior therapy dengan musik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(2), 114. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i2.5252
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). Alfabeta.
Suputra, I. G. D., & Susilawati, L. K. P. A. (2019). Peran efikasi diri dan kecemasan akademis terhadap self-regulated learning pada mahasiswa Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 68–78.
Thinagar, M., & Westa, W. (2017). Tingkat kecemasan antara mahasiswa kedokteran dari Universitas Udayana dan implikasinya pada hasil ujian. Intisari Sains Medis, 8(3), 181–183. https://doi.org/10.1556/ism.v8i3.122
Ukhtia, F., Reza, I. F., & Zaharuddin. (2016). Hubungan antara religiusitas dengan kecemasan akademik pada siswa Madrasah Aliyah Negeri. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 2(2). https://doi.org/10.19109/psikis.v2i2.1186
Universitas Dhyana Pura. (2019). Pedoman akademik Universitas Dhyana Pura. 0361, 426450–426451.
Widarnandana, I. G. D., & Simarmata, N. (2015). Pengaruh outbound terhadap efikasi diri pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 151–162. https://doi.org/10.24843/jpu.2015.v02.i02.p04
Woolfolk, A. (2016). Educational psychology (13th ed.). Pearson Education Limited.
Zimmerman, B. J. (1989). A social cognitive view of self-regulated academic learning. Journal of Educational Psychology, 81(3), 329–339. https://doi.org/10.1037/0022-0663.81.3.329
Zimmerman, B. J. (2015). Self-regulated learning: theories, measures, and outcomes. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition (Second Edi, Vol. 21). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.26060-1