Gambaran Kecenderungan Pengambilan Keputusan untuk Berbelanja pada Mahasiswa Rantau Asal NTT di Universitas Dhyana Pura Bali
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis kuantitatif dengan analisis deskriptif. Adapun teknik sampling yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu teknik non-probability jenis purposive sampling. Jumlah minimum sampel di dalam penelitian ini didasarkan pada rumus Slovin, sehingga jumlah minimum sampel di dalam penelitian ini yaitu 271 sampel. Hasil dari penelitian ini terdapat kategori sangat tinggi pada aspek membeli barang karena kemasannya menarik, aspek membeli barang karena potongan harga, aspek membeli barang karena pengaruh model iklan, aspek membeli barang untuk menambah harga diri, serta membeli barang karena berbeda merk. Selanjutnya terdapat kategori tinggi pada aspek membeli barang karena hadiah menarik, aspek membeli barang untuk menjaga diri serta gengsi serta aspek membeli barang untuk status sosial. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu sebagian besar aspek yang diteliti di dalam penelitian ini memiliki kategorisasi sangat tinggi, yaitu berjumlah lima aspek, sehingga responden di dalam penelitian ini memiliki kategorisasi tingkat perilaku konsumtif cenderung sangat tinggi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aini, R. D. (2016). Kontrol diri dan perilaku konsumtif pada mahasiswa universitas “X” di Yogyakarta (Doctoral dissertation, UII Yogyakarta).
Anggraeni, E., & Setiaji, K. (2018). Pengaruh media sosial dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 172-180.
Ardiyastuti, W. A. (2021). Analisis Faktor Minat Beli Konsumen Perempuan Di Kedai Kopi Balakosa Food And Baverage (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Asri, A. (2012). Pengaruh kepercayaan diri terhadap perilaku konsumtif pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Babelan. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi: JPPP, 1(1), 197-202.
Astuti, E. D. (2013). Perilaku konsumtif dalam membeli barang pada ibu rumah tangga di Kota Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2).
Bata, M. D. R. H. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan, Parental Income dan Self Control Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa NTT di Surabaya (Doctoral dissertation, STIE Perbanas Surabaya).
Febriansah, R. E., & Meiliza, D. R. (2020). Buku Ajar Teori Pengambilan Keputusan. Umsida Press
Fitryani, N., Widodo, P. B., & Fauziah. (2013). Hubungan antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi, 12(1). https://doi.org/10.14710/jpu.12.1.1-14
Kennedy, P. S. J., Tobing, S. J. L., Toruan, R. L., Tampubolon, E., & Nomleni, A. (2019, May). Isu Strategis Kesenjangan Pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 619-629).
Kurniawan, H., Arifuddin, A., & Masrida, M. (2017). Dampak Media Iklan (Billboard Rokok) Terhadap Perilaku Merokok Siswa Di Smk Negeri 3 Palu. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 3(1), 71-84.
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).
Patiraja, S. T. (2017). Diskriminasi Dengan Harga Diri Pada Komunitas Mahasiswa Nusa Tenggara Timur di Kota Malang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Pramistika, T. A., & Arsal, T. (2020). Bentuk-Bentuk Perilaku Konsumtif Mantan TKW Desa Tergo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 9(2), 1100-1108.
Ramadhan, A. F., & Simanjuntak, M. (2018). Perilaku pembelian hedonis generasi z: promosi pemasaran, kelompok acuan, dan konsep diri. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 11(3), 243-254.
Ramadhani, N. S. A., Khuzaimah, K., Pratama, B. H., & Utami, D. (2022). Mahasiswa Perantauan Dan Konsumerisme: Terbawa Arus Atau Tetap Bergaya Irit? Studi Pada Mahasiswa Rantau UNESA Di Kecamatan Wonokromo. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 1, pp. 339-347).
Sari, N. D. Y., Hartika, L. D., & Septiarly, Y. L. (2023). Hubungan Social Comparison dengan Kecenderungan Menggunakan Eyelash Extension Pada Wanita Dewasa Awal di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi MANDALA, 7(1).
Sudi, M. A., & Rini, H. S. (2018). Kemiskinan Dan Perilaku Konsumtif Masyarakat Petani Cengkeh Di Kabupaten Ende, NTT. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 7(1), 314-328.
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan. Bandung. Alfabeta
Waninghiyun, A. H. (2018). Peran Promo Diskon Online Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ditinjau Dari Prinsip Konsumsi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syari’ah IAIN Kediri Angkatan 2015) (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).