GAMBARAN WAKTU TUNGGU PASIEN PADA PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI RSUD ARJAWINANGUN TAHUN 2025
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Waktu tunggu yang lama dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi pasien dan berpotensi mengurangi kualitas pelayanan. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan waktu tunggu pasien pada pendaftaran rawat jalan di RSUD Arjawinangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 99 responden. Data diperoleh melalui wawancara dengan pasien menggunakan kuesioner terstruktur. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, yaitu memilih pasien yang memenuhi kriteria tertentu sesuai tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa First Waiting Time Mayoritas responden (44,4%) kategori normal, diikuti oleh kategori lambat (36,4%). True Waiting Time Waktu kategori lambat (39,4%) dan sangat lambat (32,3%). Total Waiting Time Waktu di kategorikan lambat (42,4%), diikuti oleh normal (40,4%).
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustina, F., Adyas, A., Djamil, A., Pramudho, K., Dewi, & Rahayu. (2023). Faktor-Faktor yang berhubungan dengan waktu tunggu terhadap pasien rawat jalan. Jurnal Malahayati Nursing, 5 (9).
Amalia, M., & Pratiwi, E. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi waktu tunggu pelayanan di instalasi rawat jalan rsud luwuk banggai pada masa pandemi covid-19 tahun 2021. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 1 No.1(1).
Kemenkes. (2008). menteri kesehatan republik indonesia nomor : 129/Menkes/SK/II/2008. Kemenkes, 61–64.
Kurniawati Fajrin, Haeruddin, & Reza Aril Ahri. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Pasien di RSUD Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 2(5), 827–835. https://doi.org/10.33096/woph.v2i5.280
Kurniawati, R., & Kusumawardhani, O. (2023). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Petugas dalam Pelayanan Waktu Tunggu Pasien di Rumah Sakit. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional (SIKesNas), 44, 125–136.
Pangerapan, D. T., Palandeng, O. E. L. I., & M.Rattu, J. (2018). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado. Jurnal KEDOKTERAN KLINIK (JKK), 2(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jkk/article/view/18836
Rengkuan, N. H. M., Liando, D. M., & Monintja, D. K. (2023). Efektifitas Kinerja Pemerintah Dalam Progam Reaksi Respon Realief Daerah (R3D) Di Kabupaten Minahasa. 3(1), 1–11.