Hubungan Mutu Pelayanan Pendaftaran dengan Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan di Rsud Arjawinangun Tahun 2025
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Mutu pelayanan merupakan faktor kunci dalam kepuasan pasien di rumah sakit, terutama di unit pendaftaran yang mencakup kemampuan petugas dalam menyampaikan informasi, kecepatan, ketepatan waktu, ketanggapan, dan keandalan. Berdasarkan studi pendahuluan, mayoritas pasien BPJS rawat jalan di RSUD Arjawinangun merasa kurang puas dengan mutu pelayanan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan pendaftaran dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di RSUD Arjawinangun. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang digunakan adalah pasien rawat jalan yang mendaftar secara langsung di RSUD Arjawinangun dengan jumlah sampel 99 responden. Hasil penelitian menggunakan uji chi-square (p value 0,002< 0,1) diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan pendaftaran dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di RSUD Arjawinangun. Dengan adanya penelitian ini diharapkan rumah sakit dapat terus meningkatkan dan mempertahankan mutu pelayanan pada tempat pendaftaran pasien rawat jalan, serta dapat menjamin kerahasian pada setiap pasien dan melakukan survei kepuasan secara berkala untuk mengevaluasi kinerja pelayanan kesehatan serta mutu pelayanan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Andriani, A. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Diruangan Polu Umum Puskesmas Bukittinggi. Jurnal Endurance, 2(1). http://dx.doi.org/10.22216/jen.v2i1.461
Ansyori A. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Dimensi Mutu Pelayanan Tempat Pendaftaran. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(2). https://doi.org/10.32583/pskm.v13i2.897
Antina, R. R. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Puskesmas Pandian Kabupaten Sumenep. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(2). https://doi.org/10.30996/jpap.v2i02.1010
Destya, V., Raisah, P., & Hidayatullah, M. (2023). Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Kabupaten X. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 3(12)https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i12.12431
Dewi, A., Eravianti., & Putri, D. K. (2021). Hubungan Lama Waktu Tunggu Pasien Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Lubuk Begalung. Prosiding Seminar Nasional Stikes Syedza Saintika. 1(1).
Habibi, A., & Hakim, F., & Azizi, F. S. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh. Jurnal JKFT, 4(2). http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v4i2.2411
Hasyim, R. M. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pelayanan Kesehatan Dasar di Puskesmas Kasi-Kasi Kecamatan Rappocini Makasar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alaudding Makasar.
Juwita, G. S., Marline, L., & Rahman, F. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Riwayat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Tamiang Layang. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 4(2). https://dx.doi.org/10.20527/jpkmi.v4i2.3841
Kemenkes RI. (2008). Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 129/Menkes/SK/II/2008.
Mamesah, M. M., Geonarso, R. A., Haniwijaya, S., & Kurniawan, A. (2020) Hubungan Komunikasi Efektif Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit. Journal Of Hospital Administration And Management (JHAM)
Mariana, D., Tambunan, E. M., Salim, S., Sirait, B. P. R., Mirza, R., & Sasanti. (2022). Gambaran Regulasi Emosi pada Ibu Single Parent. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan, 3(3). https://doi.org/10.51849/j-p3k.v3i3.179
Maulidah, T. (2019). Mutu Pelayanan Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan. Higeia (Journal of Public Health Research and Development), 3(4). https://doi.org/10.15294/higeia.v3i4.31037 Nurhafizah. (2020). Pengaruh Program Edukasi Pasien dan Keluarga terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Inap Rumah Sakit Sarah Medan.
Oktovianti, A., Lisdiana, N., & Rahayu, L. P. (2022). Pengaruh Hargra, Kualitas Pelayanan dan Word of Mouth terhadap Minat Beli Ulang (Repurchase Intention): Studi Kasus di Coffe Shop Kopi dari Hati D'Kebon Selo Boyolali. EkobisL Jurnal Ilmu Manajemen & Akuntansi, 10(2). https://doi.org/10.36596/ekobis.v10i2.834
Permenkes RI. (2020). Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020.
Primastuti, A. N., Sugiarsi, S., Mulyono, S. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien pada Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Jati Husada Karanganyar. Indonesian Journal of Health Information Management, 2(2). https://doi.org/10.54877/ijhim.v2i2.73
Puspitasari, S., Putri, O. A., & Wijaya, A. (2025). Analisis Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Era RME Rumah Sakit. Indonesian Journal of Health Insurance and Medical Records, 2(1). https://doi.org/10.31290/ijhimr.v2i1.5298
Safitri, D., Anastasya, R., Layli, R., Gurning, F. P. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Di Puskesmas Inderapura Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan." FLORONA: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(2) https://doi.org/10.55904/florona.v1i2.303
Simbolon, J., Damayanti, S. (2022). Analisis Kualitas Pengelolaan Mutu Pelayanan Pendaftaran Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 1(4). https://doi.org/10.55123/sehatmas.v1i4.937
Vanchapo, A. R., Farida, D., Sambriong, M., Jayadi, A., & Hamu, A H. (2025). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Ners, 9(1). https://doi.org/10.31004/jn.v9i1.29468
Vigaretha, G., & Handayani, O. W. K. Peran Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien. HIGEIA: Journal Of Public Health Research And Development, 2(4) https://doi.org/10.15294/higeia.v2i4.23893