Evaluasi Implementasi Antrean Online melalui Aplikasi Mobile JKN Menggunakan Metode DeLone dan McLean di Puskesmas Beber Tahun 2025

Main Article Content

Nia Apriliani
Lina Khasanah
Bambang Karmanto
Maula Ismail Mohammad

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan dampak signifikan pada sektor kesehatan, salah satunya melalui transformasi Rekam Medis Elektronik (RME) sesuai dengan Permenkes No. 24 Tahun 2022. Di Indonesia, BPJS Kesehatan juga mengoptimalkan teknologi melalui aplikasi Mobile JKN untuk mempermudah akses layanan kesehatan, termasuk fitur antrean online. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keberhasilan implementasi fitur antrean online di aplikasi Mobile JKN di UPTD Puskesmas Beber, Kabupaten Cirebon, dengan menggunakan model DeLone dan McLean. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain cross-sectional. Sampel penelitian terdiri dari 41 peserta yang mendaftar melalui aplikasi, dengan teknik quota sampling. Hasil: Hasil evaluasi implementasi antrean online menunjukkan bahwa keenam variabel metode DeLone dan McLean yang dilihat dari segi distribusi frekuensi jawaban mendapatkan hasil persentase yaitu kualitas sistem sangat baik (46,83%), kualitas informasi baik (52,20%), kualitas layanan baik (53,66%), penggunaan sangat baik (50%), kepuasan pengguna baik (49,39%), dan manfaat bersih sangat baik (48,17%). Disarankan untuk mengembangkan panduan penggunaan yang mudah diakses, meningkatkan kualitas fitur informasi, serta melakukan sosialisasi intensif kepada masyarakat. Puskesmas Beber juga perlu berkoordinasi lebih aktif dengan BPJS Kesehatan untuk mengoptimalkan layanan dan menyampaikan rekomendasi perbaikan berbasis temuan.

Article Details

How to Cite
Apriliani, N., Khasanah, L., Karmanto, B., & Mohammad, M. I. (2025). Evaluasi Implementasi Antrean Online melalui Aplikasi Mobile JKN Menggunakan Metode DeLone dan McLean di Puskesmas Beber Tahun 2025. JURNAL KESEHATAN, SAINS, DAN TEKNOLOGI (JAKASAKTI), 4(1), 127–136. https://doi.org/10.36002/js.v4i1.3817
Section
Articles

References

Agustina, N., & Sutinah, E. (2019). Model Delone dan McLean Untuk Menguji Kesuksesan Aplikasi Mobile Penerimaan Mahasiswa Baru. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan), 3(2), 76–82. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v3i2.1008

BPJS Kesehatan. (2020). Aplikasi JKN Mobile. BPJS Kesehatan. https://jknmobile.com/

Chairunnisa, C., & Juliannisa, I. A. (2022). Pengaruh Pendidikan, Kesehatan, Usia dan Upah Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja di DKI Jakarta. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 9(1), 62–72. https://doi.org/10.36706/jp.v9i1.16878

Chotimah, S. N., Nurvita, S., & Natalia Dewi, V. (2023). Penggunaan Metode Evaluasi Sistem Informasi Kesehatan di Indonesia: Literature Review. Jurnal Rekam Medis & Manajemen Infomasi Kesehatan, 3(2), 36–43. https://doi.org/10.53416/jurmik.v3i2.231

Herlinawati, Banowati, L., & Revilia, D. (2021). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile JKN. HEALTH CARE : JURNAL KESEHATAN, 10(1), 78–84. https://doi.org/10.36763/healthcare.v10i1.114

Julianti, A., & Markam, H. (2023). Kepuasan Pengguna Mobile JKN menggunakan Delone dan Mclean Framework. Jurnal Penelitian, 15(2).

Kemenkes RI. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis (24 Tahun 2022; Berita Negara Republik Indonesia). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Pibriana, D., & Fitriyani, L. (2022). Penggunaan Metode EUCS Untuk Menganalisis Kepuasan Pengguna E-learning di MTs N 2 Kota Palembang. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 81–95. https://doi.org/10.35957/jtsi.v3i1.2182

Republik Indonesia. (2004). Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Sardjono, W., Kristin, D., Putra, G., Salim, G., & Subiyantoro, S. (2022). Evaluation Model of YachtERS Information System Implementation Success Using DeLone and McLean to Increase Organization Performance. Volume 16, Number 2. https://doi.org/10.24507/icicel.16.02.205

Sari, L. M., Hartini, S., & Andria, F. (2019). Efektivitas penggunaan aplikasi mobile JKN sebagai strategi meminimalisir tingkat antrian di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kabupaten Bogor. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen, 4(2).

Suherlin, M. I., Fatmasari, F., Supratman, E., & Wardani, K. R. N. (2024). Evaluasi Usability Aplikasi Antrean Online BPJS Pada Puskesmas Sukarami Menggunakan Metode TAM dan COBIT 5. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 10(1), 199–213. https://doi.org/10.37012/jtik.v10i1.2097

Viana, C. J., Selviyanti, E., Deharja, A., & Wicaksono, A. P. (2024). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) Menggunakan Metode Delone and Mclean di UPT Puskesmas Sananwetan Kota Blitar.

Wahyudi, W., Mukhsin, Moh., & Nupus, H. (2021). Meningkatkan Intention To Use Aplikasi Mobile JKN Melalui Perceived Usefulness Dan Attitude Towards Use Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Aplikasi Mobile JKN Segmen Pekerja Penerima Upah Badan Usaha di Wilayah BPJS Kesehatan Cabang Serang). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 5(1), 98–116. https://doi.org/10.48181/jrbmt.v5i1.11545

Wara, L. S., Kalangi, L., & Gamaliel, H. (2021). Pengujian Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan Mclean Pada Sistem Aplikasi Pemeriksaan (Siap) di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.