Evaluasi Implementasi Antrean Online melalui Aplikasi Mobile JKN Menggunakan Metode DeLone dan McLean di Puskesmas Beber Tahun 2025
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi memberikan dampak signifikan pada sektor kesehatan, salah satunya melalui transformasi Rekam Medis Elektronik (RME) sesuai dengan Permenkes No. 24 Tahun 2022. Di Indonesia, BPJS Kesehatan juga mengoptimalkan teknologi melalui aplikasi Mobile JKN untuk mempermudah akses layanan kesehatan, termasuk fitur antrean online. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keberhasilan implementasi fitur antrean online di aplikasi Mobile JKN di UPTD Puskesmas Beber, Kabupaten Cirebon, dengan menggunakan model DeLone dan McLean. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain cross-sectional. Sampel penelitian terdiri dari 41 peserta yang mendaftar melalui aplikasi, dengan teknik quota sampling. Hasil: Hasil evaluasi implementasi antrean online menunjukkan bahwa keenam variabel metode DeLone dan McLean yang dilihat dari segi distribusi frekuensi jawaban mendapatkan hasil persentase yaitu kualitas sistem sangat baik (46,83%), kualitas informasi baik (52,20%), kualitas layanan baik (53,66%), penggunaan sangat baik (50%), kepuasan pengguna baik (49,39%), dan manfaat bersih sangat baik (48,17%). Disarankan untuk mengembangkan panduan penggunaan yang mudah diakses, meningkatkan kualitas fitur informasi, serta melakukan sosialisasi intensif kepada masyarakat. Puskesmas Beber juga perlu berkoordinasi lebih aktif dengan BPJS Kesehatan untuk mengoptimalkan layanan dan menyampaikan rekomendasi perbaikan berbasis temuan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustina, N., & Sutinah, E. (2019). Model Delone dan McLean Untuk Menguji Kesuksesan Aplikasi Mobile Penerimaan Mahasiswa Baru. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan), 3(2), 76–82. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v3i2.1008
BPJS Kesehatan. (2020). Aplikasi JKN Mobile. BPJS Kesehatan. https://jknmobile.com/
Chairunnisa, C., & Juliannisa, I. A. (2022). Pengaruh Pendidikan, Kesehatan, Usia dan Upah Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja di DKI Jakarta. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 9(1), 62–72. https://doi.org/10.36706/jp.v9i1.16878
Chotimah, S. N., Nurvita, S., & Natalia Dewi, V. (2023). Penggunaan Metode Evaluasi Sistem Informasi Kesehatan di Indonesia: Literature Review. Jurnal Rekam Medis & Manajemen Infomasi Kesehatan, 3(2), 36–43. https://doi.org/10.53416/jurmik.v3i2.231
Herlinawati, Banowati, L., & Revilia, D. (2021). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile JKN. HEALTH CARE : JURNAL KESEHATAN, 10(1), 78–84. https://doi.org/10.36763/healthcare.v10i1.114
Julianti, A., & Markam, H. (2023). Kepuasan Pengguna Mobile JKN menggunakan Delone dan Mclean Framework. Jurnal Penelitian, 15(2).
Kemenkes RI. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis (24 Tahun 2022; Berita Negara Republik Indonesia). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Pibriana, D., & Fitriyani, L. (2022). Penggunaan Metode EUCS Untuk Menganalisis Kepuasan Pengguna E-learning di MTs N 2 Kota Palembang. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 81–95. https://doi.org/10.35957/jtsi.v3i1.2182
Republik Indonesia. (2004). Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.
Sardjono, W., Kristin, D., Putra, G., Salim, G., & Subiyantoro, S. (2022). Evaluation Model of YachtERS Information System Implementation Success Using DeLone and McLean to Increase Organization Performance. Volume 16, Number 2. https://doi.org/10.24507/icicel.16.02.205
Sari, L. M., Hartini, S., & Andria, F. (2019). Efektivitas penggunaan aplikasi mobile JKN sebagai strategi meminimalisir tingkat antrian di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kabupaten Bogor. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen, 4(2).
Suherlin, M. I., Fatmasari, F., Supratman, E., & Wardani, K. R. N. (2024). Evaluasi Usability Aplikasi Antrean Online BPJS Pada Puskesmas Sukarami Menggunakan Metode TAM dan COBIT 5. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 10(1), 199–213. https://doi.org/10.37012/jtik.v10i1.2097
Viana, C. J., Selviyanti, E., Deharja, A., & Wicaksono, A. P. (2024). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) Menggunakan Metode Delone and Mclean di UPT Puskesmas Sananwetan Kota Blitar.
Wahyudi, W., Mukhsin, Moh., & Nupus, H. (2021). Meningkatkan Intention To Use Aplikasi Mobile JKN Melalui Perceived Usefulness Dan Attitude Towards Use Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Aplikasi Mobile JKN Segmen Pekerja Penerima Upah Badan Usaha di Wilayah BPJS Kesehatan Cabang Serang). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 5(1), 98–116. https://doi.org/10.48181/jrbmt.v5i1.11545
Wara, L. S., Kalangi, L., & Gamaliel, H. (2021). Pengujian Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan Mclean Pada Sistem Aplikasi Pemeriksaan (Siap) di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.