Hubungan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Kedawung Tahun 2025
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Waktu tunggu salah satu faktor penting yang menyebabkakan kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kedawung untuk menganalisis hubungan antara waktu tunggu dengan kepuasan pasien. Metode yang digunakan adalah kuantitatif analitik dengan pendekatan cross-sectional, melibatkan 96 pasien dan teknik accidental sampling. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 76 pasien (79,2%) mengalami waktu tunggu sesuai Standar Pelayanan Minimal (≤ 60 menit), dan 52 pasien (54,2%) merasa puas. Menghasilkan nilai p = 0,001 (< α 0,05), yang menunjukkan hubungan signifikan antara waktu tunggu dan kepuasan pasien. Oleh karena itu, Puskesmas Kedawung perlu mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan dengan memperhatikan waktu tunggu dan dimensi mutu pelayanan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Autake, M., & Lailiyah, S. (2024). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Waktu Pelayanan pada Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit: Systemic Literature Review. Hang Tuah Medical Journal, 21(2).
Giting, S. E., Santoso, R. S., Rostyaningsih, D. (2024). Kualitas Pealayanan Kesehatan pada Puskesmas Rembang 1. Journal of Public Policy and Management Review, 13(3). https://doi.org/10.14710/jppmr.v13i3.45574
Gunawan, A. N., Hanafi, R. A., Hanifa, N. I., Husnus, K., Farahany, S., Saragih, T. R., & Agustina, D. (2024). Analisis Hambatan Administrasi terhadap Akses Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Desa Securai Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(3).
Kirana, A., Harahap, S. G., & Efkelin, R. (2024). Hubungan Waktu Tunggu dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalam di Rumah Sakit Umum Daerah Cengkareng Tahun 2024. Al-Tamimi Kesmas: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 13(2). https://doi.org/10.35328/kesmas.v13i2.2752
Maulana, D.,Tamrin, R., Alim, A., Imran, A. (2020). Analisis hubungan waktu tunggu terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Maccini Sombala. Jurnal Kesehatan, 12(2). https://doi.org/10.24252/kesehatan.v12i2.10483
Milania, F. H., & Hidayati, M. (2021). Pengaruh Lama Waktu Tunggu Pendaftaran terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Waringnkurung. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(). https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i12.262
Permenkes Indonesia. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 4 Tahun 2019 tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan.
Prisusanti, R. D., Kurniawan, F., Akhmad, M. (2024). Analisis Kuantitatif: Waktu Tunggu dan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Rawat Jalan RS Hasta Husada Kepanjen. Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(3). https://doi.org/10.62085/ajk.v2i3.118
Rahmadini, N. A., & Rahman, A. (2024) Pengaruh Lama Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Hikun Kabupaten Tabalong. JAPB, 7(2). http://dx.doi.org/10.35722/japb.v7i2.1076
Siregar, A. S. S. (2020). Penerapan Teknologi Kesehatan pada Perawatan Masa Nifas Systematic Review. Undergraduate Theses. Universitas Sumatera Utara.
Situmeang, S. M. T., & Pudjiastuti, D. (2023). Optimizing the Health System through Increasing Health Service Guarantees in the Context of Fulfilling Human Rights Post the Covid-19 Pandemic in Indonesia. Pandecta Resarch Law Journal, 18(2). https://doi.org/10.15294/pandecta.v18i2.47957
Supandi, D., & Imanuddin, B. (2021). Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran dengan Kepuasan Pasien di Tempat Pendftaran Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Kedaung Barat Kabupaten Tangerang Tahun 2020. Health Sains, 2(1). https://jurnal.healthsains.co.id/index.php/jhs/issue/view/9
Rahayuningsih, L. A. S., & Cahyaningrum, N. (2023). Pengaruh Sikap Empati Tenaga Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien: Meta Analisis. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 13(2). https://doi.org/10.47701/infokes.v13i2.3130
Wijayanti, C. W., & Rejeki, M. (2024). Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Japan terhadap Kepuasan Pasien di RUSD DR. Soehadi Prijonegoro Sragen. Indonesian Journal of Hospital Administration, 7(1). http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2024.7(1).25-30