Evaluasi Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Menggunakan Metode Eucs di Puskesmas Watubelah Kabupaten Cirebon
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
BPJS Kesehatan meluncurkan Aplikasi Mobile JKN pada tanggal 15 November 2017. Tujuan dari peluncuran aplikasi ini adalah untuk memfasilitasi akses peserta terhadap layanan publik terutama yang berkaitan dengan jaminan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah. Namun, penggunaan Mobile JKN masih terdapat beberapa hambatan dalam penggunaanya, seperti dari segi content pada saat login sistem mengindikasikan bahwa nomor tersebut telah digunakan oleh orang lain, meskipun pengguna tersebut belum pernah melakukan registrasi, segi accuracy terdapat kesalahan pengelompokkan data keluarga, dari segi Easy of use untuk menerima kode OTP harus mengeluarkan pulsa untuk menerima kode tersebut, segi timeliness terdapat masalah lamanya mendapatkan kode OTP. Sehingga dalam implementasi Aplikasi Mobile JKN perlu adanya pelaksanaan evaluasi oleh pengguna. Evaluasi pada penelitian ini menggunakan metode EUCS. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi pengguna Aplikasi Mobile JKN. Pengambilan sampel menggunakan Quota Sampling, jumlah sampel sebanyak 56 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji korelasi pearson atau rank spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel content memiliki hubungan korelasi yang sangat kuat user satisfaction (p value 0,000 dan r hitung 0,940), accuracy memiliki hubungan korelasi yang sangat kuat user satisfaction (p value 0,000 dan r hitung 0,933), format memiliki hubungan korelasi yang sangat kuat user satisfaction (p value 0,000 dan r hitung 0,888), easy of use memiliki hubungan korelasi yang sangat kuat user satisfaction (p value 0,000 dan r hitung 0,918), timeliness memiliki hubungan korelasi yang sangat kuat user satisfaction (p value 0,000 dan r hitung 0,935).
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abrori, U., & Darmawan, A. K. (2023). Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi M-Health Covid19 SatuSehat: EUCS Dan Mobile Service Quality (m-S-Qual). JINTEKS (Jurnal Informatika Teknologi dan Sains), 5(4): 558–65.
Amalia N, Hs. DJS & Hapsoro W. (2021). Analisa Pengaruh Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akademik dengan Metode EUCS (End User Computing Statisfaction). IC-Tech. 16(1): 16–21.
Ananda, A. R., Ikawati, F. R., & Ma’ruf, A. S. (2025). Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Dalam Penggunaan Aplikasi Mobile JKN RS Lavalette Malang. Jurnal Kesehatan Tambusai. 6(1): 3322-3329. https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42576
Aswadl, A. A, Dai, R. H., & Ahaliki, B. (2022). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna SIMRS Menggunakan Metode EUCS di RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo. Journal of System and Information Technology. 2(2): 20-26.
Bancin, Y. S, Nabela D., & Jihad F. F. (2023). Hubungan Kualitas Informasi Mobile JKN dengan Kepuasan Pengguna pada Tenaga Kerja Puskesmas Meureubo Aceh Barat. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 7(1): 1132–1138.
Choirunnisa, A. R. N., & Rimawati, E. (2025). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (simrs) Di Rumah Sakit “X” Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIKomSiN). 12(2): 74-85.
Daniyanti, E. S. (2023). Evaluation of the JKN Mobile Application Using the EUCS Method at RSU Anna Medika Madura Bangkalan District. International Journal of Nursing and Midwifery Science (ijnms). 7(2A): 106–12. https://doi.org/10.29082/IJNMS/2023/Vol7/Iss2A/527
Doll W. J., & Torkzadeh, G. (1998). The Measurement of End-User Computing Satisfaction. MIS Quarterly. 12(2): 259-274. https://doi.org/10.2307/248851
Fitriansyah, A., & Harris, I. (2018). Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Sistem Informasi. 2(1).
Gobel, U. T., Katili, M. R., & Polin, M. (2022). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna SIKS-NG Menggunakan Metode EUCS Di Kabupaten Bone Bolango. Journal of System and Information Technology. 2(1): 14-19. https://doi.org/10.37031/diffusion.v2i1.13423
Gusni, F., Gunawan, R., Setiyani, L., & Rostiani, Y. (2023). Analisis kepuasan pengguna akhir PLN Mobile menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction): Analisis Kepuasan Pengguna. Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK). 3(1): 60–71.
Haerani, K., Rodi, M., Zulkarnaen, M. F. & Mardi. (2025). Evaluasi Kepuasan Pengguna Dan Identifikasi Dimensi Prioritas Pada Aplikasi Hr Sidawai Dengan Kerangka Eucs. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi. 8(1): 102–109. https://doi.org/10.36595/misi.v8i1.1429
Ismatullah, N. K., Aris, P. W., & Sri, A. N. (2022). Model EUCS (End User Computing Satisfaction) untuk Evaluasi Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Bidang Kesehatan : Literature Review. MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion. 2(3).
Jannah, A. N., Susanto I., Rakhmadani, D. P., & Banyumas, K. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Mobile JKN dengan Metode EUCS. Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer. 7(3): 1491-1502. http://doi.org/10.33395/remik.v7i3.12826
Kanthi, Y. A., Gumilang, K., & Aminah, S. (2024). Evaluasi Kepuasan Pengguna BRImo Menggunakan EUCS. Teknika. 13(1).
Kurniawan, F., Rahayu, F. S., & Pritalia, G. L. (2024). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Media Sosial X Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Teknika. 13(3): 471–80.
Pibriana, D., & Fitriyani, L. Penggunaan Model EUCS Untuk Menganalisis Kepuasan Pengguna E-learning Di MTs N 2 Kota Palembang. JTSI. 3(1): 69–80.
Pondaag, A. L., Katili, M. R., & Zakaria, A. (2023). Evaluasi Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik (siakad) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (eucs) Di Universitas Gorontalo. Journal of system and Information Technology, 3(2): 1-10.
Pratiwi, J. A., & Aries, D. I. (2022). Penerapan Metode EUCS Untuk Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi PNM Digi Karyawan. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence. 3(3).
Putri, M. A. F., Wijaya, K. A. S., & Supriliyani, N. W. (2024). Efektivitas Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Cabang Denpasar). Socio-political Communication and Policy Review, 1(2): 42–54.
Ramadhayanti, F. N., & Mulyadi, Rasywir. E. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi TIX ID Di Kota Jambi Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 17(1): 143–51.
Saputri, N. A. O., & Alvin, A. (2020). Measurement of User Satisfaction Level in the Bina Darma Information Systems Study Program Portal Using End User Computing Satisfaction Method. Journal of Information Systems and Informatics, 2(1): 154–62. http://journal-isi.org/index.php/isi/article/view/43
Setiawan, H., & Novita, D. (2021) Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Teknologi Sistem Informasi. 2(2).
Siregar, Y. D. (2021). Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan Metode EUCS di RSUD Doloksanggul Tahun 2020. Journal of Healtcare Technology and Medicine, 7(1): 581-593.
Suhadi, Jumakil, J., & Irma. (2022). Dampak Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Terhadap Pelayanan BPJS. Jurnal Kesehatan. 15(1):11–23. http://dx.doi.org/10.33846/sf.v13i0.1847
Wasita, R. R. R., Susanto, A. D., Nurata, I. W., & Suwari, Y. D., (2024). Analisis Penggunaan Fitur I-Care JKN Terhadap Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional Di Klinik Pratama Marga Ayu. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako). 10(3): 353–360.
Wigatie, R. A., & Zainafree, I. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Magelang. Jurnal Penelitian. 15 (2): 1-7.
Zilah, A., & Adinugraha, H. H. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Bagi Peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Pekalongan. Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal), 3(2): 127-132. https://doi.org/10.61083/ebisma.v3i2.37