Hubungan Kualitas Layanan Aplikasi Mobile JKN pada Fitur Pendaftaran Pelayanan Antrean terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Puskesmas Mundu Kabupaten Cirebon
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Mobile JKN merupakan aplikasi pelayanan digital dari BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas layanan aplikasi mobile JKN pada fitur pendaftaran pelayanan antrean terhadap kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Mundu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi dari penelitian ini yaitu pasien Puskesmas Mundu yang mendaftar online menggunakan mobile JKN pada bulan maret 2025 dengan jumlah 148. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive random sampling dengan pengukuran rumus slovin sebanyak 60. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner tertutup skala Likert 1–4 yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya lalu ditanyakan kepada masing-masing pasien yang mendaftar menggunakan mobile JKN. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan software IBM SPSS versi 27. Responden dalam penelitian ini mayoritas perempuan dengan usia 26-35 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden menilai kualitas layanan aplikasi dalam kategori baik (66,7%) dan merasa puas terhadap layanan tersebut (73,3%). Hasil analisis bivariat dengan uji chi-square menunjukkan nilai p-value sebesar 0,001 yang dimana α < 0,05 yang artinya terdapat hubungan antara kualitas layanan fitur pendaftaran antrean dengan kepuasan pasien BPJS.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ardianto, I. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pendaftaran Online pada Aplikasi Mobile JKN di Wilayah Kota Depok. Bachelor Thesis. 193-197. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Banowati, L., & Revilia, D. (2021). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile JKN. Health Care: Jurnal Kesehatan, 10(1): 78-84. https://jurnal.payungnegeri.ac.id/index.php/healthcare/article/view/114
Setyawan, S. I. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Aplikasi, Kualitas Layanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Go-Jek. Journal of Chemical Information and Modeling Pendidikan Teknologi Pertanian, 53(9): 1689-1699. http://repository.usd.ac.id/id/eprint/33051
Junaedi, I. (2024, September 9). Dinkes Kabupaten Cirebon Terus Sosialisasikan Penerapan Aplikasi JKN Mobile JKN. Kabar Cirebon. https://kabarcirebon.pikiran-rakyat.com/ciayumajakuning/pr-2938544003/dinkes-kabupaten-cirebon-terus-sosialisasikan-penerapan-aplikasi-jkn-mobile. Diakses, 20 Januari 2025.
Karunia, M., Azizah, N., Rahayu, O., Melati, P. S., & Santoso, A. P. A. (2022). Mutu dan kepuasan terhadap pasien. Jurnal of Complementary in Health, 2(1): 63-66. https://doi.org/10.36086/jch.v2il
Sari, E. P., Said, S., Febrianti, D,. & Ramlan, P. (2024). Hubungan Pemanfaatan Layanan Antrian Mobile JKN Dengan Mutu Pelayanan Di UPT Puskesmas Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2). 4584-4585. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/prepotif/article/view/11981
Darmawan, M. I. F. (2023). Hubungan Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pengguna Aplikasi Jkn Mobile Menggunakan Model End User Computing Satisfaction Di Klinik Hanis Jepara. Doctoral Dissertation, 22-23. Semarang: Universitas Widya Husada Semarang.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Anastasya, D., Husaein, A., & Aryani, L. (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi Mobile JKN Menggunakan Metode E-Servqual untuk Pengguna di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Teknologi & Sistem Informasi, 4(1). https://doi.org/10.33998/jms.2024.4.2.1920
Ade. H. 2020. Uji Chi Square. Prodi Kesehatan Masyarakat. Universitas Esa Unggul.
Bahri, S., Amri, A., & Siregar, A. A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual). Industrial Emgineering Journal, 11(2). https://journal.unimal.ac.id/miej/article/
Sari, M. K. (2021). Hubungan Kualitas Layanan Pada Aplikasi Mobile Jkn Dengan Tingkat Kepuasan Peserta Bpjs Kesehatan Kota Jambi (Doctoral dissertation, Kesehatan Masyarakat). https://repository.unja.ac.id/23395/