Hubungan Kepuasan Layanan dengan Loyalitas Pasien di Puskesmas Kedawung Kabupaten Cirebon Tahun 2025
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Pemberian layanan kesehatan oleh fasilitas pelayanan kesehatan harus memprioritaskan layanan yang terbaik dan optimal untuk meningkatkan kepuasan konsumen, sehingga menumbuhkan loyalitas. Wawancara pendahuluan kepada pasien lama dengan metode bayar umum (karcis) merasa puas dengan pelayanan di Puskesmas Kedawung dikarenakan pelayanannya lengkap, nyaman dan biayanya terbilang murah. Namun, jika aspek kenyamanan, kecepatan, dan pendekatan personal tidak ditingkatkan, ada potensi pasien beralih ke klinik atau praktik dokter mandiri yang dirasa lebih responsif secara individual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dengan kepuasan layanan dengan loyalitas pasien di Puskesmas Kedawung Kabupaten Cirebon tahun 2025. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi yang digunakan adalah pasien dengan metode bayar umum dan pernah berkunjung sebelumnya di Puskesmas Kedawung dengan jumlah sampel 90 responden. Hasil penelitian menggunakan uji chi-square (p value 0,000 < 0,05) diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan layanan dengan loyalitas pasien di Puskesmas Kedawung Kabupaten Cirebon. Dengan adanya penelitian ini diharapkan Puskesmas dapat terus meningkatkan dan mempertahankan kualitas pelayanan, serta dapat menjamin kerahasian pada setiap pasien dan melakukan survei kepuasan secara berkala untuk mengevaluasi kinerja pelayanan kesehatan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Andreano, P. R., & Pardede, R. (2023). Service quality and patient trust on patient loyalty mediated by patient satisfaction on inpatients. Interdisciplinary Social Studies, 2(12), 2684-2692.
Hidayah, I., & Setianingsih, L. E. (2022). Analisis Hubungan Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan dengan Loyalitas Pasien di RS X. Cakrawala Medika: Journal of Health Sciences, 1(1), 48-55.
Kartika, R. C., Triana, D., Puspita, S. D., Jannah, M., & Ayu, D. P. (2023). Upaya Peningkatan Loyalitas Pasien melalui Peningkatan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(3), 701-708.
Kijima, T., Matsushita, A., Akai, K., Hamano, T., Takahashi, S., Fujiwara, K., ... & Kumakura, S. (2021). Patient satisfaction and loyalty in Japanese primary care: a cross-sectional study. BMC health services research, 21, 1-12.
Kristinawati, F., & Gunardi, W. D. (2023). The Effect of Service Quality and Patient Satisfaction on Patient Loyalty Mediated by Patient Trust At Rumah Indonesia Sehat (RIS) Hospital. Multidiciplinary Output Res. Actual Int. Issues, 2, 701-717.
Nurhayati. (2014) Faktor Responsiveness terhadap Kepuasan Pasien di Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Jurnal Health Quality. 2(4).
Pasaribu, U., Harahap, H., Lastari, A., Permayasa, N., & Hadi, A. J. (2024). The Impact of Hospital Administration Service Quality on Patient Satisfaction of Health Insurance Agencies: A Cross-Sectional Study. Promotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 14(2), 69-74.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
Sari, M. R., Ardiwirastuti, I., & Harviandani, B. S. (2020). Hubungan kepuasan pasien dengan loyalitas pasien di RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri. Jurnal Wiyata: Penelitian Sains Dan Kesehatan, 7(1), 56-61.
Sholeh, M., & Chalidyanto, D. (2021). The effect of service quality on loyalty through patient satisfaction in outpatient of hospital X, Malang. JMMR (Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit), 10(2), 148-157.
Sitepu, M., & Kosasih, K. (2024). Analisis Loyalitas Pasien dan Kepuasan Pasien: Pendekatan Kajian Literatur dengan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit sebagai Variabel Intervening. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(4), 2047-2058.
Surachman, S. S., & Agustina, F. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Di RSIA Kartini Padalarang. Jurnal Simki Economic, 6(2), 421-429.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan.