Analisis Kepuasan Pengguna Fitur Pendaftaran Pelayanan (Antrean) Online BPJS pada Aplikasi Mobile JKN dengan Metode Technology Acceptance Model di Rumah Sakit Ciremai Kota Cirebon Tahun 2025
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi informasi mendorong digitalisasi di sektor kesehatan. BPJS Kesehatan meluncurkan aplikasi Mobile JKN untuk memudahkan akses layanan, termasuk fitur pendaftaran antrean online. Namun, studi pendahuluan di RS Ciremai Kota Cirebon mengidentifikasi kendala teknis, seperti kegagalan sistem check-in, yang berpotensi mempengaruhi kepuasan pengguna. Penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional ini melibatkan 100 responden dari 8.434 pengguna aplikasi di RS Ciremai. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan semua variabel TAM (Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Attitude Toward Using, Behavioral Intention to Use, dan Actual System Use) memiliki hubungan signifikan dan positif dengan kepuasan pengguna (p < 0,05).
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abduh, M., Alawiyah, T., Apriansyah, G., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Survey Design: Cross Sectional dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 31–39. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1955
Amalia, A. G. R., & Fahrudi, A. N. L. I. (2021). The Relationship Between Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness and Perceived Loss of Control with User Satisfaction in Mandatory Setting: 3rd Annual International Conference on Public and Business Administration (AICoBPA 2020), Bogor, Indonesia. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210928.034
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(01), 15–31.
Asikin, D. D., & Alam, C. (2024). Pengaruh E-Service Quality Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile Jkn (studi Kasus Pengguna Aplikasi Mobile Jkn Di Kota Cimahi). Variable Research Journal, 1(1). https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/29/42
Dahlia, M. S., Sangkot, H. S., & Akbar, P. S. (2024). Hubungan Pengetahuan Masyarakat Dengan Penggunaan Aplikasi Mobile Jkn Di Puskesmas Kendalsari. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 7(2), Article 2. https://doi.org/10.37792/jukanti.v7i2.1311
Damanik, F. S., Widayanti, A. W., & Wiedyaningsih, C. (2024). User Acceptance of Mobile-Jkn: Insights from the Technology Acceptance Model. Indonesian Journal of Health Administration (Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia), 12(2), Article 2. https://doi.org/10.20473/jaki.v12i2.2024.206-217
Elan, M. S., & Muslikh, A. R. (2024). Analisis Kepuasaan Pengguna Aplikasi GRAB Sebagai Transportasi Online Dengan Metode TAM. Journal of Information and Technology, 12(02), 248–259. https://doi.org/10.32664/j-intech.v12i02.1304
Fitri, H. M, & Hidayati, M. (2021). Pengaruh Lama Waktu Tunggu Pendaftaran Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Waringinkurung. Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(12), 1789–1795. https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i12.262
Harsono, H., Sugiharto, S., & Rinayati, R. (2021). Persepsi Peserta Terhadap Aplikasi Mobile JKN Berbasis Technology Acceptance Model Di Klinik Pratama Surya Medika Semarang. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(2), 191–200. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.793
Khairunnisa, W., Komara, M. A., & Kurniawan, I. (2023). Analisis Penerimaan Pengguna Aplikasi Mobile JKN Pada Peserta BPJS Kesehatan Di Kabupaten Purwakarta Dengan Menggunakan Metode Combined Technology Acceptance Model and Theory of Planned Behavior (C-TAM-TPB). Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.36040/jati.v7i3.6997
Kusumo, M. H., & Rosyadi, I. (2023). Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Gojek. Jurnal Manajemen Dirgantara, 16(1), 50–67. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.876
Meisari, W. A., Widyaningrum, N., & Prameswari, A. (2024). Atensi Pengguna Mobile JKN Dengan Pendekatan Model TAM (Technology Acceptance Model). Jurnal Manajemen Informasi Dan Administrasi Kesehatan, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.32585/jmiak.v7i2.5695
Musharyadi, F., & Febriyanti, F. (2024). Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone Dengan Kecenderungan Nomophobia Pada Remaja. Jurnal Menara Medika, 6(2), 186–195. https://doi.org/10.31869/mm.v6i2.5189
Pamungkas, A. A., Priyadi, B. P., & Herawati, A. R. (2022). Analisis Efektivitas Pengguna Program Mobile Jaminan Kesehatan Nasonal Di Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 11(4), Article 4. https://doi.org/10.14710/jppmr.v11i4.36200
Pibriana, D. (2020). Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Penerimaan Pengguna Terhadap Penggunaan Aplikasi Belanja Online XYZ. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 7(3), 580–592. https://doi.org/10.35957/jatisi.v7i3.382
Piliang, D. S., & Siregar, S. A. (2023). Implementasi Sistem Manajemen Antrian Pendaftaran Pasien Pada Rumah Sakit Islam Malahayati Untuk Mengurangi Waktu Tunggu. Journal Of Informatics And Busisnes, 01(02), 80–88.
Pratama, Z. S., & Suhartanto, D. (2025). Encouraging the Intention to Use Mobile Jkn Application for Patient Registration and Appointment in Indonesia: A Cross-Sectional Study. Journal of Public Health Research and Community Health Development, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.20473/jphrecode.v8i2.58574
Purnamasari, A. T., Safitri, R., & Ningrum, H. D. (2024). Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Aplikasi Mobile JKN di Kelurahan Polehan Kecamatan Blimbing Kota Malang. Indonesian Journal of Health Insurance and Medical Records (IJHIMR), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.31290/ijhimr.v1i1.4340
Sari, E. P., Said, S., Febrianti, D., & Ramlan, P. (2024). Hubungan Pemanfaatan Layanan Antrian Mobile Jkn Dengan Mutu Pelayanan Di Upt Puskesmas Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2), 4584–4594. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.11981
Sari, J. A., & Diana, B. A. (2024). Dampak Transformasi Digitalisasi terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat Pedesaan. Jurnal Pemerintahan dan Politik, 9(2), 88–96. https://doi.org/10.36982/jpg.v9i2.3896
Siroj, R. A., Afgani, W., Fatimah, F., Septaria, D., & Salsabila, G. Z. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah Untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 11279–11289. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32467
Suhena, I., & Fitriani, A. D. (2024). Implementasi Penggunaan Antrian Online Melalui Aplikasi Jkn Mobile Dalam Mengurangi Waktu Tunggu Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Camatha Sahidya Tahun 2024. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5, 10658–10671.
Sulaiman, A. (2019). Analis Tingkat Kepuasan Pengguna Langsung Dan Tidak Langsung Terhadap Aplikasi Suatu Sistem Informasi. Business & Management Journal Bunda Mulia, 2(2). https://doi.org/10.30813/bmj.v2i2.590
Suryani, D., & Sukri, S. A. (2021). Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness Dan Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek. 1.
Tamimi, F., & Munawaroh, S. (2024). Teknologi Sebagai Kegiatan Manusia Dalam Era Modern Kehidupan Masyarakat. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 2(3), 66–74. https://doi.org/10.61132/saturnus.v2i3.157
Wigatie, R. A., & Zainafree, I. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Magelang. Health Information: Jurnal Penelitian, 15(2), e1321–e1321.