Perbedaan Tingkat Kepuasan Layanan Pendaftaran Donor Darah Di PMI Kota Surakarta

Main Article Content

Danik Riawati
Windi Lestari
Budi Purwanto

Abstract

Seseorang dalam menerima layanan akan memberikan evaluasi yang memungkinkan mereka merasakan kepuasan atau sebaliknya. Kepuasan terjadi saat seseorang membandingkan hasil yang diperolehnya dengan apa yang sebenarnya diinginkannya. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan dalam tingkat kepuasan terhadap pelayanan donor darah yang dipengaruhi oleh cara pendaftaran. Pendekatan yang digunakan dalam studi ini adalah analisis deskriptif dengan rancangan kontrol kasus. Populasi dari penelitian ini diambil dari sekitar 100 pendaftar pendonor sukarela yang berhasil melewati seleksi di UDD PMI Kota Surakarta. Penentuan sampel dilakukan dengan rumus slovin pada tingkat kepercayaan 5% sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 80 orang. Informasi yang digunakan berasal dari data primer yang diperoleh melalui survei. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan program IBM SPSS Versi 26. Hasil dari tes statistik yang diterapkan menggunakan uji wilcoxon signed rank menghasilkan nilai -2. 083 dan memiliki tingkat signifikansi 0,037, yang kurang dari 0,05, artinya terdapat perbedaan dalam tingkat kepuasan terhadap layanan donor darah antara aplikasi ayodonor dan layanan langsung. Kesimpulan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam tingkat kepuasan terhadap pelayanan donor darah yang diberikan melalui aplikasi ayodonor dibandingkan dengan pelayanan secara langsung. Pelayanan secara langsung memiliki dampak yang sangat besar terhadap kepuasan para pendonor.

Article Details

How to Cite
Riawati , D., Lestari , W., & Purwanto , B. (2025). Perbedaan Tingkat Kepuasan Layanan Pendaftaran Donor Darah Di PMI Kota Surakarta. JURNAL KESEHATAN, SAINS, DAN TEKNOLOGI (JAKASAKTI), 4(1), 311–320. https://doi.org/10.36002/js.v4i1.4375
Section
Articles

References

Adellya Marsyanda Yuliyanti, Elsa Ananda Meylanisa And Nadia Kamila Ashari (2024) ‘Persepsi Mahasiswa Terhadap Penerapan Teknologi Di Era Digitalisasi Pada Aplikasi Ayodonor’, TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 2(3), Pp. 233–241.

Freitas LMDC (2024) ‘Analisis Kepuasan Pendonor Darah Terhadap Pelayanan Unit Bank Darah Hospital Nacional Guido Valadares Dili, Timor-Leste’, Jurnal Kesehatan Paripurna, 1(3), Pp. 177–183.

Gunarwan, H. Et Al. (2024) ‘Evaluasi Usability Aplikasi Ayodonor Dengan System Usability Scale’

Iman Subasman, Danik Riawati, K. (2025) Metode Dan Teknik Penelitian. Nanny Maya. CV WIDINA MEDIA UTAMA.

JUMARDIN (2023) ‘Analisis Kualitas Pelayanan Donor Darah Untuk Meningkatkan Kepuasan Pendonor Darah Di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Provinsi Dki Jakarta’, Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 2(1), Pp. 54–57. Available At: Https://Openjournal.Unpam.Ac.Id/Index.Php/PSM/Article/View/27638.

Kementerian Kesehatan RI (2023) Petunjuk Teknis Pencegahan Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah (IMLTD). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kesehatan, M. (2015) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 91 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Transfusi Darah. Jakarta. Available At: Https://Peraturan.Bpk.Go.Id/Details/116661/Permenkes-No-91-Tahun-2015.

Menkes RI (2015) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 91 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Tranfusi Darah, Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Nursalam (2014) Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. 4th Edn. Salemba Medika.

Priskoja Amonda, - And Deby Zulkarnain Rahadian Syah (2020) ‘Tingkat Kepuasan Pendonor Sukarela Terhadap Pelayanan Donor Darah Di Udd Pmi Kabupaten Sleman’, P. 1977.

Re, A. Et Al. (2022) ‘Analisis Kualitas Pelayanan Darah Terhadap Kepuasaan Konsumen Di UTD PMI Kab.Kediri’, Jurnal Multidisiplin Madani, 2(1), Pp. 251–266.

Riawati, D. (2022) ‘Faktor Penentu Kriteria Penolakan Seleksi Umum Pendonor Berdasarkan Hasil Pemeriksaan Kesehatan’, Jurnal Medika Usada, 5(2), Pp. 49–54.

Tirtana, A., Prasetyaswati, B. And Riawati, D. (2023) Buku Ajar Pelayanan Darah Halaman Terpilih. Penerbit NEM.

Wahit Iqbal Mubarak (2011) Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan. Jakarta.

WHO (2012) Blood Donor Selection, WHO. Edited By WHO. Geneva 27 Switzerland: WHO.

Wulandari, T. Et Al. (2023) ‘Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Tentang Donor Darah Mahasiswa Asrama Fakultas Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta’, Jurnal Ilmiah Cerebral Medika, 5(1).

Zaelani, M. Et Al. (2017) ‘Aplikasi Customer Relationship Management Pelayanan Donor Darah Pada Unit Transfusi Darah’, (November).