PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ASESMEN KINERJA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS MAHASISWA
Article Sidebar
Published:
Jan 30, 2020
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 602
Download : 100
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan asesmen kinerja terhadap keterampilan berpikir kritis matematika ditinjau dari kecerdasan logis matematis Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dimana eksperimen dilaksanakan pada kelas yang sudah tersedia, Rancangan analisis menggunakan faktorial 2 x 2 digunakan untuk menyelidiki secara bersama pengaruh dua variabel perlakuan terhdap kelompok sampel yang diselidiki. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan TI pada STIMIK-STIKI Indonesia sebanyak 74 yang dikelompokkan menjadi dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling yakni cara pengambilan sampel berupa kelompok secara sederhana dengan randomisasi kelompok atau kelas, kemudian kelas-kelas sampel yang dipilih dibagi menjadi 2 kelompok, Eksperimen dan Kontrol. Analisis statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil perhitungan memberikan sesimpulan (1) bahwa nilai F sebesar 4,315 dan nilai (Sig.) sebesar 0,043. Karena (Sig.) < α, berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti keterampilan berpikir kritis antara mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan asesmen kinerja lebih baik daripada mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. (2) Nilai F sebesar 1,961 dan nilai (Sig.) sebesar 0,032. Karena nilai (Sig.) < α, berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa ada interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan logis matematis mahasiswa terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Asesmen Kinerja, Keterampilan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Logis Matematis
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan asesmen kinerja terhadap keterampilan berpikir kritis matematika ditinjau dari kecerdasan logis matematis Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dimana eksperimen dilaksanakan pada kelas yang sudah tersedia, Rancangan analisis menggunakan faktorial 2 x 2 digunakan untuk menyelidiki secara bersama pengaruh dua variabel perlakuan terhdap kelompok sampel yang diselidiki. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan TI pada STIMIK-STIKI Indonesia sebanyak 74 yang dikelompokkan menjadi dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling yakni cara pengambilan sampel berupa kelompok secara sederhana dengan randomisasi kelompok atau kelas, kemudian kelas-kelas sampel yang dipilih dibagi menjadi 2 kelompok, Eksperimen dan Kontrol. Analisis statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil perhitungan memberikan sesimpulan (1) bahwa nilai F sebesar 4,315 dan nilai (Sig.) sebesar 0,043. Karena (Sig.) < α, berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti keterampilan berpikir kritis antara mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan asesmen kinerja lebih baik daripada mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. (2) Nilai F sebesar 1,961 dan nilai (Sig.) sebesar 0,032. Karena nilai (Sig.) < α, berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa ada interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan logis matematis mahasiswa terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Asesmen Kinerja, Keterampilan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Logis Matematis
Article Details
How to Cite
Putra, I. P. S. A., & Wardika, I. W. G. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ASESMEN KINERJA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS MAHASISWA. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2). https://doi.org/10.36002/jmk.v3i2.1034
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.