PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Studi Pada Kelas XI TB 2 Mata Pelajaran Pengolahan Dan Penyajian Makanan Kontinental di SMK Pariwisata Harapan Denpasar)

Main Article Content

I Gede Fernanda Budi Dirgantara
I Putu Pranatha Sentosa
I Ketut Suartana

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI TB 2 SMK Pariwisata Harapan Denpasar setelah diterapkan model pembelajaran Problem-Based Instruction (PBI) dalam proses pembelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TB 2 SMK Pariwisata Harapan Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 40 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar PPM siswa kelas XI TB 2 SMK Pariwisata Harapan Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Data kemampuan berpikir kritis PPM siswa dikumpulkan melalui tes esai dan data hasil belajar dikumpulkan melalui tes berbentuk pilihan ganda, kemudian data yang didapatkan dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem-Based instruction dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar PMB siswa kelas XI TB 2 SMK Pariwisata Harapan Denpasar. Kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I mencapai 71,25% dengan kategori cukup dan pada siklus II mencapai 80,50% dengan kategori baik. Hasil belajar pada siklus I mencapai 69,47% dengan kategori cukup dan pada siklus II mencapai 81,90% dengan kategori baik.
Kata kunci: Problem-Based Instruction (PBI), hasil belajar, berpikir kritis.

Article Details

How to Cite
Dirgantara, I. G. F. B., Sentosa, I. P. P., & Suartana, I. K. (2021). PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Studi Pada Kelas XI TB 2 Mata Pelajaran Pengolahan Dan Penyajian Makanan Kontinental di SMK Pariwisata Harapan Denpasar). MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1). https://doi.org/10.36002/jmk.v4i1.1330
Section
Articles