MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN ANAK MELALUI PERMAINAN SEPIT GULI Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok B TK Gapura I Jegu, Kecamatan Penebel
Article Sidebar
Published:
Jan 24, 2021
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 148
Download : 85
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Kemampuan kognitif memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan anak usia dini, terkait
proses pembelajaran. Kemampuan kognitif terdiri dari tiga aspek yakni memecahkan masalah, berpikir logis, dan
berpikir simbolik. Upaya peningkatan kemampuan tersebut dapat dilakukan dengan memberikan rangsangan yang
tepat sesuai dengan tahap perkembangan anak sehingga memperoleh hasil yang optimal. Upaya meningkatkan
kemampuan berpikir simbolik dalam pemahaman konsep bilangan dapat dilakukan melalui permainan sepit guli.
Penelitian ini dirancang sebagai Penelitian Tindakan Kelas, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan
pemahaman konsep bilangan anak melalui permainan sepit guli. Subjek penelitian adalah anak-anak Kelompok B
di TK Gapura I Jegu yang berjumlah 22 anak. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi. Metode pengolahan data yang digunakan
analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil observasi awal terhadap pengenalan konsep
lambang bilangan anak menunjukkan jumlah ketuntasan sebesar 63,6%. Pada penerapan permainan sepit guli pada
Siklus I kemampuan pengenalan konsep bilangan anak mengalami peningkatan menjadi 72,8%. Pada pelaksanaan
Siklus II kembali mengalami peningkatan menjadi 95,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan
bahwa permainan sepit guli mampu meningkatkan kemampuan berpikir simbolis anak Kelompok B TK Gapura I
Jegu.
Kata Kunci : kemampuan berpikir simbolik, konsep bilangan, permainan sepit guli.
Abstract
Cognitive ability has a very important role for early childhood development. Cognitive abilities consist of
three aspects: problem solving, logical thinking and symbolic thinking. Efforts to increase those abilities could be
done by providing the right stimulation according to the stage of its development in order to obtain the optimal
results. Efforts to improve the symbolic thinking ability in the numbers concept understanding can be done by the
game of Guli Sepit. The aim of study to determine the increase of the numbers concept understanding throught
Guli Sepit game. Subjects were taken from 22 children in Group B at TK Gapura I Jegu. The research was carried
out in 2 cycles. Data collection in this study taken by observation. The data analysis method applied descriptive
statistical analiysis and quantitative analysis.The results of preliminary observations of the child number concept
symbols introduction indicated the completeness of 63,6%. In the application of Guli Sepit game in 1st Cycle, the
recognition ability increased to 72,8%. In the 2nd Cycle it increased to 95,5%. Based on thes results, it can be
concluded that the Guli Sepit game improved the children symbolic thinking ability in Group B TK Gapura I Jegu.
Keywords : symbolic thinking ability, numbers concept, sepit guli game.
Kemampuan kognitif memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan anak usia dini, terkait
proses pembelajaran. Kemampuan kognitif terdiri dari tiga aspek yakni memecahkan masalah, berpikir logis, dan
berpikir simbolik. Upaya peningkatan kemampuan tersebut dapat dilakukan dengan memberikan rangsangan yang
tepat sesuai dengan tahap perkembangan anak sehingga memperoleh hasil yang optimal. Upaya meningkatkan
kemampuan berpikir simbolik dalam pemahaman konsep bilangan dapat dilakukan melalui permainan sepit guli.
Penelitian ini dirancang sebagai Penelitian Tindakan Kelas, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan
pemahaman konsep bilangan anak melalui permainan sepit guli. Subjek penelitian adalah anak-anak Kelompok B
di TK Gapura I Jegu yang berjumlah 22 anak. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi. Metode pengolahan data yang digunakan
analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil observasi awal terhadap pengenalan konsep
lambang bilangan anak menunjukkan jumlah ketuntasan sebesar 63,6%. Pada penerapan permainan sepit guli pada
Siklus I kemampuan pengenalan konsep bilangan anak mengalami peningkatan menjadi 72,8%. Pada pelaksanaan
Siklus II kembali mengalami peningkatan menjadi 95,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan
bahwa permainan sepit guli mampu meningkatkan kemampuan berpikir simbolis anak Kelompok B TK Gapura I
Jegu.
Kata Kunci : kemampuan berpikir simbolik, konsep bilangan, permainan sepit guli.
Abstract
Cognitive ability has a very important role for early childhood development. Cognitive abilities consist of
three aspects: problem solving, logical thinking and symbolic thinking. Efforts to increase those abilities could be
done by providing the right stimulation according to the stage of its development in order to obtain the optimal
results. Efforts to improve the symbolic thinking ability in the numbers concept understanding can be done by the
game of Guli Sepit. The aim of study to determine the increase of the numbers concept understanding throught
Guli Sepit game. Subjects were taken from 22 children in Group B at TK Gapura I Jegu. The research was carried
out in 2 cycles. Data collection in this study taken by observation. The data analysis method applied descriptive
statistical analiysis and quantitative analysis.The results of preliminary observations of the child number concept
symbols introduction indicated the completeness of 63,6%. In the application of Guli Sepit game in 1st Cycle, the
recognition ability increased to 72,8%. In the 2nd Cycle it increased to 95,5%. Based on thes results, it can be
concluded that the Guli Sepit game improved the children symbolic thinking ability in Group B TK Gapura I Jegu.
Keywords : symbolic thinking ability, numbers concept, sepit guli game.
Article Details
How to Cite
Peni, N. W., Suryaningsih, N. M. A., & Poerwati, C. E. (2021). MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN ANAK MELALUI PERMAINAN SEPIT GULI Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok B TK Gapura I Jegu, Kecamatan Penebel. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2). https://doi.org/10.36002/jmk.v4i2.1337
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.