Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Boga Dasar Kelas X TB 1 SMK Pariwisata Dwi Tunggal Tabanan

Main Article Content

Ni Made Dwi Dharma Putri
I Wayan Suryanto
I Gusti Ayu Agung Sinta Diarini

Abstract

Abstrak
Penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share diharapkan siswa dapat mengembangkan
keterampilan berpikir dalam berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya, saling membantu dalam kelompok
kecil. Di samping itu, model pembelajaran kooperatif Think Pair Share secara langsung dapat memecahkan
masalah. Memahami materi secara berkelompok karena saling membantu antara satu dengan yang lainnya,
dalam membuat kesimpulan (diskusi) serta mempresentasikan di depan kelas. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif menunjukkan terjadi peningkatan hasil
belajar siswa pada siklus II sebesar 18.73%. Peningkatan ketuntasan klasikal dapat dilihat dari rata-rata
ketuntasan klasikal yaitu pada siklus I sebesar 46.88% sedangkan pada siklus II sebesar 100%. Analisis data
menunjukkan telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 53.12%.
Kata Kunci : Model pembelajaran Think Pair Share, Keaktifan Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa.
Abstract
The implementation of the Think Pair Share cooperative learning model is expected that students can
develop thinking and answering skills in communication with each other, working together to help each other in
small groups. Think Pair Share cooperative learning models can directly solve problems, understand a material
in groups, help each other, make conclusions and present in front of the class as one of the evaluation steps of
learning activities that have been done. This type of research is class action research with quantitative deskritive
data analysis techniques. This study showed that there was an increase in student learning outcomes in the
second cycle by 18.73%. The increase in classical completeness can be seen from the average classical
completeness of 46.88% in the first cycle while in the second cycle it is 100%. This indicates that there has been
a 53.12% increase in student learning outcomes in the second cycle.
Keywords : Think Pair Share learning model, Student Learning Activeness, Student Learning Outcomes

Article Details

How to Cite
Putri, N. M. D. D., Suryanto, I. W., & Sinta Diarini, I. G. A. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Boga Dasar Kelas X TB 1 SMK Pariwisata Dwi Tunggal Tabanan. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2). https://doi.org/10.36002/jmk.v4i2.1338
Section
Articles