MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK A DI TK WIDYA KUMARA DHARMA KUTA

Main Article Content

Ni Made Ayu Manik Anandari
Elizabeth Prima
Putu Indah Lestari

Abstract

Abstrak
Perkembangan kognitif mempunyai peranan penting bagi keberhasilan anak dalam belajar. Perkembangan
kognitif berhubungan dengan pola berpikir, pemecahan masalah, dan imajinasi anak. Upaya meningkatkan
perkembangan kognitif pada anak dapat dilakukan melalui berbagai macam metode. Salah satu metode yang bisa
dilakukan yaitu melalui metode eksperimen. Melalui metode eksperimen anak dapat mempelajari konsep
pemecahan masalah, berpikir logis dan berpikir simbolik dengan cara yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif melalui metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah anak
kelompok A di TK Widya Kumara Dharma yang berjumlah 15 anak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar
observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif. Hasil observasi awal
menunjukkan bahwa anak yang memiliki ketuntasan kemampuan kognitif adalah 14%. Setelah diberikan tindakan
melalui metode eksperimen pada Siklus I anak yang memenuhi ketuntasan sebanyak 47% dan mengalami
peningkatan pada Siklus II sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode
eksperimen dapat meningkatkan kemampuan anak usia 4-5 tahun di Kelompok A TK Widya Kumara Dharma.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Kemampuan Kognitif, Metode Eksperimen
Abstract
Children's cognitive development is critical to their academic performance. Children's cognitive development
is related to their thinking processes, problem-solving abilities, and inventiveness. Efforts to boost children's
cognitive development can take a variety of forms. One approach that can be applied is the experimental method.
Children can learn problem-solving, logical reasoning, and symbolic thinking in a fun way using the experimental
approach. The goal of this research is to use experimental methods to determine the increase in cognitive ability.
The children in this research were from TK Widya Kumara Dharma Kuta's group A, which included a total of 15
children. The type of research used is Classroom Action Research (CAR), which was carried out in two cycles.
Each cycle consists of four stages, namely planning, implementing actions, observing, and reflecting. Data
collection techniques used are observation sheets and documentations. This research uses the descriptive data
analysis method. Initial observations indicated that 14% of children possessed perfect cognitive capacity. In Cycle
I, children who met completion after being given action by the experimental approach were 47%, and in Cycle II,
it grew by 80%. The study found that the experimental method may help children aged 4-5 years in Group A of TK
Widya Kumara Dharma Kuta to increase their cognitive capacities.
Keywords: Early Childhood, Cognitive Ability, Experimental Method

Article Details

How to Cite
Anandari, N. M. A. M., Prima, E., & Lestari, P. I. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK A DI TK WIDYA KUMARA DHARMA KUTA. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/view/1727
Section
Articles