PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI TK SATHYA SAI KUMARA SINGARAJA

Main Article Content

Ni Komang Ana Maryani
Putu Subawa
I Ketut Suparya

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan setelah
penerapan metode pemberian tugas berbantuan media kartu bergambar pada kelompok B1 Semester I di TK
Sathya Sai Kumara Singaraja Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 15 anak kelompok B1 TK Sathya Sai
Kumara Singaraja Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan
kemampuan membaca permulaan setelah penerapan metode pemberian tugas berbantuan media kartu
bergambar pada siklus I sebesar 66% yang berada pada kategori sedang, ternyata mengalami peningkatan pada
siklus II menjadi 86% yang pada kategori tinggi. Jadi, peningkatan kemampuan membaca permulaan anak sebesar
20%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pemberian tugas
berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak.
Kata Kunci : metode pemberian tugas, kartu bergambar, membaca permulaan, anak usia dini
Abstract
This study aims to determine the improvement of initial reading skills after the application of the method
of assigning task-assisted picture cards to group B1 Semester I at Sathya Sai Kumara Singaraja Kindergarten in
the 2020/2021 Academic Year. This type of research is Classroom Action Research (CAR) which is carried out in
two cycles. The subjects of this study were 15 children of group B1 TK Sathya Sai Kumara Singaraja in the
academic year 2020/2021. The results of data analysis showed that there was an increase in initial reading ability
after the application of the picture card-assisted task assignment method in the first cycle by 66% which was in
the medium category, in fact it increased in the second cycle to 86% which was in the high category. So, the
increase in children's early reading ability is 20%. Based on the results of this study, it can be concluded that the
application of the method of assigning tasks assisted by picture cards can improve children's early reading skills.
Keywords: assignment method, picture cards, early reading, early childhood,

Article Details

How to Cite
Maryani, N. K. A., Subawa, P., & Suparya, I. K. (2022). PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI TK SATHYA SAI KUMARA SINGARAJA. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2). https://doi.org/10.36002/jmk.v5i2.1730
Section
Articles