PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN

Ni Luh Putu Agetania

Abstract


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini aialah meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan bantuan media video pembelajaran. Subjek penelitian ialah peserta didik pada jenjang pendidikan kelas V SDN 5 Penarukan tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 28 orang. Pada penelitian ini yang menjadi objek ialah hasil belajar peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas dipilih sebagai jenis penelitian yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Data penelitian ini terdiri dari skor hasil belajar siswa dari awal siklus, siklus I dan siklus II. Pada awal siklus diperoleh rata-rata sebsar 62,71 dengan persentase ketuntasan 56% menandakan ketuntasan masih jauh dari kriteria ketuntasan yang telah ditentukan. Rata rata kelas pada siklus I diperoleh sebesar 72,39 dengan persentase 76% hal ini menandakan adanya peningkatan dibandingkan dengan awal siklus. Rata-rata kelas pada siklus II diperoleh mencapai 90,00 dengan persentase ketuntasan 97%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar PKN siswa.
Kata Kunci : pendekatan pembelajaran kontekstual, video pembelajaran, hasil belajar, PKN
Abstract
The aim of this research is to improve student learning outcomes after applying a contextual learning approach assisted by learning video media. The research subjects were 28 students at the fifth grade level of SDN 5 Penarukan in the 2019/2020 school year. In this study, the object of this study is the learning outcomes of students. Classroom Action Research was chosen as the type of research consisting of two cycles, namely cycle I and cycle II. The data of this study consisted of scores of student learning outcomes from the beginning of the cycle, cycle I and cycle II. At the beginning of the cycle, an average of 62.71 was obtained with a 56% completeness percentage indicating that completeness was very far from the predetermined KKM. In the first cycle, the class average was 73.24 with a percentage of 76%, this indicates an increase compared to the beginning of the cycle. In the second cycle, the average class reached 90.00 with a 97% completeness percentage. Based on the results of this study, it can be said that the application of a contextual learning approach with the help of instructional video media can improve student learning outcomes in PKN.
.Keywords: contextual teaching and learning, learning videos, learning outcomes, science

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.