IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA DINI

Kiki Veronika, Elizabeth Prima, Ni Made Ayu Suryaningsih

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian dengan prosedur empat tahap, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Panduan rubrik untuk perekaman data mengenai kemampuan berpikir logis anak selama proses pembelajaran, yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir logis anak selama implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Pada observasi awal, ketuntasan kemampuan berpikir logis anak sebanyak 6 anak (35,30%), pada Siklus I mencapai 10 anak (58,82%), dan pada Siklus II mencapai 15 anak (88,24%). Dapat dikatakan, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun.
Kata Kunci : anak usia dini, model pembelajaran kooperatif, jigsaw, berpikir logis
Abstract
This study aims to improve the logical thinking abilities of children aged 5-6 years. Research with a four-stage procedure, namely: Planning, Taking Action, Observasi, and Reflection. Data collection methods used are observation, interviews, and documentation. A rubric guide is used for recording data about children's logical thinking abilities during the learning process, which is then analyzed descriptively. The results showed an increase in children's logical thinking skills during the implementation of the jigsaw cooperative learning model. In the initial observation, the completeness of logical thinking skills of 6 children (35.30%), in Cycle I reached 10 children (58.82%), and in Cycle II it reached 15 children (88.24%). It can be said, the jigsaw cooperative learning model as an alternative learning model to improve the logical thinking skills of children aged 5-6 years.
Keywords : early childhood, cooperative learning model, jigsaw, logical thinking

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.