MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL

Main Article Content

Agustina Anu Gare
I Gusti Ayu Agung Sinta Diarini
Ni Made Erpia Ordani Astuti

Abstract

abstrak
Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa karena penerapan model pembelajaran kurang menarik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas XI JB 3 SMK Wira Harapan dalam mata pelajaran pengolahan makanan kontinental menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together.Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif PTK dengan menerapkan metode total sampling sebagai bentuk desain Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Numbered Head Together terjadi suasana pembelajaran menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat, yaitu aktivitas dan hasil belajar siklus I ke siklus II terdapat peningkatan, pada siklus I jumlah Presentase rerata skor aktivitas belajar siswa 60% sedangkan siklus II mendapatkan skor 80%, meningkat sebesar 20%. Pada hasil belajar siklus I mencapai presentase rerata 61,50%, sedangkan siklus II 80,58%,meningkat sebesar 19,08%. Pada Ketuntasan Klasikal siklus I mencapai presentase rerata 10% sedangkan pada siklus II mendapat skor 90%, meningkat sebesar 80%.
Kata kunci : model pembelajaran numbered head together, aktivitas, hasil belajar peserta didik.
Abstract
The research was motivated by the low activity, student learning outcomes because the application learning model was less attractive. This study aims to determine increase activity, learning outcomes in class XI JB 3 SMK Wira Harapan subject of continental food processing using Numbered Head Together learning model.The research used qualitative and quantitative research type of CAR applying total sampling method form of Classroom Action Research design.The results study show Numbered Head Together learning model occurs pleasant learning atmosphere student learning outcomes increase, namely activity, learning outcomes of cycle I to cycle II there is increase, cycle I verage percentage score of student learning activities is 60% while cycle II gets score of 80% , increased 20%. first cycle learning outcomes reached average percentage of 61.50%, while the second cycle was 80.58%, increase 19.08%. Classical Completeness cycle I reached average percentage 10% while in second cycle got score 90%, increase 80%
Keywords: numbered head together learning model, activities, and student learning outcomes

Article Details

How to Cite
Gare, A. A., Diarini, I. G. A. A. S., & Astuti, N. M. E. O. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(2). https://doi.org/10.36002/jmk.v6i2.2417
Section
Articles