THINK-TALK-WRITE (TTW) MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PG PAUD

Main Article Content

I G A Agung Sri Asri

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) melalui Lesson Study pada pembelajaran Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini terhadap (1) keaktifan serta, (2) kemampuan berpikir kritis mahasiswa jurusan PG PAUD semester III. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas C semester III Jurusan PG PAUD tahun ajaran 2015/2016, sedangkan objek dari penelitian ini adalah keaktifan dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas.Hasil penelitian ini yakni (1) persentase rerata keaktifan belajar mahasiswa pada siklus I sebesar 69,72% dengan kategori cukup, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 80,74% dengan kategori aktif, (2) persentase rerata kemampuan berpikir kritis pada siklus I sebesar 68,77% dengan kategori cukup, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 80,77% dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TTW pada pembelajaran Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini melalui lesson study mampu meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis.
Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write, keaktifan belajar, keterampilan berpikir kritis
Abstract
The purpose of this research is to know the implementation of Think-Talk-Write type (TTW) cooperative learning model through Lesson Study on Early Childhood Needs Analysis studies toward (1) learning activity and (2) critical thinking skill of PG PAUD students in third semester. The subjects in this study are students of class C third semester of PG PAUD academic year 2015/2016, while the object of this research is the activity and critical thinking ability. This research was conducted using classroom action research method. The result of this research are (1) the average percentage of students' learning activity in cycle I was 69,72% with enough category, then in cycle II increased to 80,74% with active category, (2) The percentage average of critical thinking ability in the first cycle of 68.77% with enough category, then in cycle II increased to 80.77% with good category. So it can be concluded that the implementation of cooperative learning model type TTW on learning the Needs Analysis of Early Childhood through lesson study is able to increase activity and critical thinking ability.
Key words: cooperative learning Think-Talk-Write, learning activeness, critical thinking skills

Article Details

How to Cite
Asri, I. G. A. A. S. (2017). THINK-TALK-WRITE (TTW) MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PG PAUD. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(1). https://doi.org/10.36002/jmk.v1i1.254
Section
Articles