IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektivitas penerapan model problem base learning dalam perencanaan pembelajaran melalui lesson study, (2) untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Universitas Dhyana Pura, sedangkan objek dari penelitian ini adalah tes hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian tindakan kelas (class room action research) melalui lesson study Pelaksanaan penelitian dirancang dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas tiga tahapan : (1) perencanaan tindakan (Plan), (2) pelaksanaan tindakan dan observasi (Do) serta (3) refleksi (See). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) tes hasil belajar, (2) tes berpikir berpikir kritis. Data yang diperoleh selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil Penelitian menunjukkah terjadi peningkatan nilai rerata setelah dikonversi, antara hasil evaluasi belajar dan ketrampilan berpikir kritis mahasiswa dari siklus I sebesar 77,10% meningkat menjadi 85,18% pada siklus II. Hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan hasil evaluasi yang merupakan konversi nilai rerata siklus I ke siklus II sebesar 8,08%.
Kata-kata kunci : problem base learning, lesson study, hasil belajar, keterampilan berpikir kritis
Abstract
This present study was intended to (1) identify the effectiveness of the implementation of the problem-based learning in the learning plan through lesson study; (2) improve the students’ learning outcome and critical way of thinking.The subject of the study included the fifth semester students of the Study Program of Family Welfare Education, DhyanaPura University, and the object of the study was the test of learning outcome and the test of the critical way of thinking. The study is a classroom action one which was conducted through lesson study. The study was undertaken in two cycles and each was made up of three stages; they are (1) the action plan (Plan), (2) the implementation of action and observation (Do) and (3) reflection (See). The instruments used in the study were (1) the learning outcome test, (2) the critical way of thinking test. The data were analyzed using the descriptive and quantitative techniques.
The result of the study showed that after being converted, the result of the learning result and the result of the students’ critical way of thinking improved from 77.10% in cycle I to 85.18% in cycle II, meaning that, after being converted, the result of evaluation improved by 8.08% from cycle I to cycle II.
Keywords: problem-based learning, lesson study, learning outcome, critical way of thinking
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.