IMPLEMENTASI METODE BERMAIN BERBANTUAN BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN PADA KELOMPOK A TK WIDYA PUSPITA CANGGU

Main Article Content

Ni Luh Sri Purnatih
I Made Elia Cahaya
Elizabeth Prima

Abstract

ABTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan mengenal bilangan melalui metode bermain berbantuan bahan alam pada Kelompok A TK Widya Puspita Canggu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah anak Kelompok A TK Widya Puspita Canggu yang berjumlah 26 anak. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal bilangan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dengan masing-masing tahapan yaitu perencanaan, pengambilan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan bahwa anak yang memiliki kemampuan mengenal bilangan adalah 38.5%. Pada Siklus I meningkat menjadi 50% dan pada Siklus II telah mencapai indikator keberhasilan, yaitu 85%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode bermain berbantuan bahan alam dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak Kelompok A TK Widya Puspita Canggu.
Kata Kunci: Kemampuan Mengenal Bilangan, Metode Bermain, Bahan Alam
ABSTRACT
The study aimed to the numbers identification ability improvement by natural materials playing method. The study is a Class Action Research which is held in TK Widya Puspita Canggu group A and consist of 26 students. The research object is the numbers identification ability. This study consists of 2 cycles as 1st cycle and 2nd cycle. Each cycle has their own steps which consist of planning, implementation, observation and reflection. The technique of collecting data is observation by observation sheet, documentation and interview. Descriptive analysis and qualitative approach are applied in this study. Based on the observation before the implementation found that the early number identification ability of the students is 38.5%. On the 1st cycle increasing into 50% and on the 2nd cycle the implementation indicator increasing until 85%. Based on those result, the conclusion of this study is natural material playing method able to improving the numbers identification ability of students in group A TK Widya Puspita Canggu.
Keywords: numbers identification ability, natural material playing method

Article Details

How to Cite
Purnatih, N. L. S., Cahaya, I. M. E., & Prima, E. (2017). IMPLEMENTASI METODE BERMAIN BERBANTUAN BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN PADA KELOMPOK A TK WIDYA PUSPITA CANGGU. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(1). https://doi.org/10.36002/jmk.v1i1.256
Section
Articles